Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ternyata Ini 10 Manfaat dari Berpuasa

Puasa sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan.

Ternyata Ini 10 Manfaat dari Berpuasa
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Umat muslim membaca Al Quran saat bertadarus di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (29/5/2817). Di Bulan Ramadhan 1438 H, Umat muslim mengisi waktu berpuasanya dengan memperbanyak tadarus Al Quran. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Pada momen ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Mereka harus menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun, puasa ini rupanya tak hanya dikenal di kalangan umat Muslim saja. Komunitas kesehatan juga menyakini puasa mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Lifehack, Nathan Hewitt, pakar diet dari Inggris memaparkan 10 manfaat luar biasa dari berpuasa.

1. Menurunkan berat badan

Puasa bisa menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Banyak riset telah menunjukkan puasa intermiten -puasa yang dilakukan secara berkala, memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa.

Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula. Kini, banyak atlet menggunakan puasa sebagai sarana untuk mengurangi lemak tubuh ketika menghadapi kompetisi.

2. Meningkatkann sensitivitas insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin. Ini memungkinkan tubuh mentoleransi karbohidrat (gula) lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan setelah periode berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam "memberitahu" sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Meningkatkan metabolisme

Puasa membuat sistem pencernaan kita beristirahat. Ini dapat memberi energi pada metabolisme untuk membakar kalori lebih efisien.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas