Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mengenal ‘Therapeutic Oil’ Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Di Indonesia sendiri, minyak gosok, seperti minyak kayu putih dan minyak telon merupakan salah satu bentuk penggunaan essential oil

Mengenal ‘Therapeutic Oil’ Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan
istimewa
Pemanfatan minyak atsiri 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Istilah therapeutic essential oil merujuk pada minyak esensial/atsiri yang memiliki kualitas terapi yang dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan secara fisik maupun mental.

Essential oil (minyak atsiri) sendiri adalah cairan yg diproduksi melalui proses distilasi dari daun-daun, batang, bunga, akar, kulit, buah atau bagian lain dari tanaman.

Essential oil di dunia sebenarnya telah digunakan sejak dulu.

Di Indonesia sendiri, minyak gosok, seperti minyak kayu putih dan minyak telon merupakan salah satu bentuk penggunaan essential oil.

Ini disebabkan adanya kandungan zat aktif yang memiliki therapeutic effect, essential oil dapat digunakan sebagai salah satu media pengobatan alternatif dari alam.

Setelah diekstrasi, minyak esensial tersebut nantinya mengandung unsur-unsur kimia yang antara lain Acid, Alcohols (Monoterpenols and Sesquiterpenols), Aldehydes, Coumarins, Esthers, Ketones, Lactones, Terpenes (Monoterpenes and Sesquiterpenes), Oxides, Phenols.

Makin tinggi kadar persentase bahan aktif, akan semakin efektif dan efisien dalam memberikan manfaat baik bagi pengguna minyak esensial.

Pakar Therapeutic Oil, Maria Satiaputri menyatakan, istilah therapeutic essential oil merujuk pada minyak esensial/atsiri yang memiliki kualitas terapi yang dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan secara fisik maupun mental.

"Untuk memastikan manfaat baik ini, minyak esensial dipilih secara hati-hati oleh praktisi aromatheraphy dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti kemurnian, kandungan serta kualitas,” kata Maria, Kamis (12/7/2018).

Maria menyebut zat-zat tersebut diatas dapat memilki kemampuan anti septik, anti bakteria, sedative, immune system booster, menyegarkan, menenangkan, mengatasi stress, anti oksidan, serta menangkal penyerapan radikal bebas. Zat-zat ini pula yang memberikan aroma & warna yang khas pada essential oil.”

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas