Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bahaya di Balik Berbagi Pemakaian Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan peralatan mandi yang sangat penting menjaga kesehatan gigi. Dan ia tidak boleh digunakan bersama oleh orang berbeda.

Bahaya di Balik Berbagi Pemakaian Sikat Gigi
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Sejumlah siswa menggosok gigi saat acara sikat gigi bersama dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia di SD Percontohan PAM Makassar, Sulsel, Senin (20/3). Acara tersebut untuk mensosialisasikan kesehatan mulut sejak dini kepada siswa sekolah dasar TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUNNEWS.COM - Sikat gigi merupakan peralatan mandi yang sangat penting menjaga kesehatan gigi. Dan ia tidak boleh digunakan bersama oleh orang berbeda.

Sebuah tinjauan studi kasus, yang diterbitkan dalam Nursing Study and Practice, menemukan sikat gigi sering mengandung bakteri penyebab penyakit dan virus seperti staph, E. coli, dan Pseudomonas.

Bahkan bisa mengakibatkan terkena penyakit periodontal, atau herpes oral (yang menyebabkan luka dingin) jika pemilik sikat gigi pernah menderita penyakit tersebut.

Jika gusi Anda berdarah dan bakteri memasuki aliran darah, ini bisa berisiko terkena hepatitis, HIV, dan penyakit menular lainnya.

"Apa pun bakteri yang ada di mulut orang itu, Anda akan mendapatkannya di mulut Anda," kata Marco Coppola, DO, kepala petugas medis dan wakil presiden untuk urusan medis di Family ER + Urgent Care di Irving, TX, dikutip dari prevention.

Tak hanya itu, bulu yang ada pada sikat gigi tersebut juga memungkinkan Moms tertular virus atau kuman penyebab flu atau sakit tenggorokan yang bisa menyebabkan masuk angin. 

"Virus cukup sulit untuk membunuh, dan mereka dapat hidup beberapa hari di plastik dan logam," ungkap Coppola.

Meski demikian, hal tersebut tidak akan terjadi selama tidak berbagi ludah dengan pasangan yang sedang sakit.

"Kenyataannya adalah bahwa orang yang hidup bersama akan menyebarkan bakteri dalam banyak cara mulai dari berciuman, berbagi makanan dan minuman, serta berpegangan tangan semuanya akan menyebabkan transfer bakteri," kata Justin Sycamore, DDS, dokter gigi di Thousand Oaks, CA.

Justin Sycamore juga menambahkan, berbagi sikat gigi jauh tidak bersih daripada hal lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas