Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kenapa Makin Banyak Anak-anak dan Remaja Alami Hipertensi? Ini Kebiasaan yang Jadi Penyebabnya

Hipertensi merupakan satu di antara beberapa masalah kesehatan yang semakin umum terjadi pada anak-anak dan remaja.

Kenapa Makin Banyak Anak-anak dan Remaja Alami Hipertensi? Ini Kebiasaan yang Jadi Penyebabnya
darahtinggihipertensi.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Hipertensi merupakan satu di antara beberapa masalah kesehatan yang semakin umum terjadi pada anak-anak dan remaja.

Sebuah penelitian terbaru yang mengamati 15 ribu remaja menemukan, hampir 1 dari 5 anak mengalami hipertensi. Kenaikan jumlah anak-anak dengan hipertensi primer di Amerika Serikat diperkirakan berkorelasi dengan meningkatnya obesitas.

Tidak hanya di Amerika Serikat, jumlah anak-anak dengan hipertensi di Indonesia pun semakin meningkat. 

Hal itu disampaikan langsung oleh dr. Syarif Rohimi Sp.A(K), Dokter spesialis Anak - Konsultan Jantung Anak Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita.

"Saat ini, dalam praktik sehari-hari saya sering menemukan anak anak yang hipertensi. Umur 11-12 tahun. Sebagian besar memang karena pola makan yang tidak benar, seperti konsumsi garam yang berlebihan akibat sering konsumsi junk food," ujarnya, saat ditemui di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta Selatan, Rabu (7/11).

Hipertensi yang terjadi pada anak-anak sebenarnya memiliki penyebab yang sama dengan hipertensi pada orang dewasa. Di mana hipertensi menyebabkan perubahan struktur pembuluh darah dan jantung. 

Perubahan ini dapat memengaruhi:

Pembuluh darah, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, yang membuat organ lebih sulit bekerja secara efisien.

Ginjal, jika pembuluh darah di ginjal rusak, mungkin berhenti membuang sisa dan cairan ekstra dari tubuh. Cairan ekstra ini dapat meningkatkan tekanan darah bahkan lebih.

Organ-organ lain, jika tidak ditangani dengan cepat maka hipertensi mempersulit darah untuk mencapai berbagai bagian tubuh, termasuk mata dan otak, dan dapat menyebabkan kebutaan dan stroke.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas