Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ibu Hamil Perlu Lakukan Skrining Janin Lewat Prosafe NIPT untuk Cek Kelainan Kromosom

Mendeteksi dini kemungkinan kelainan kromosom mencegah bayi yang lahir memiliki risiko kelainan kromosom.

Ibu Hamil Perlu Lakukan Skrining Janin Lewat Prosafe NIPT untuk Cek Kelainan Kromosom
IST
Product Manager PT Prodia Widyahusada Tbk Trilis Yulianti menjelaskan tentang pentingnya pemeriksaan Prosafe NIPT pada ibu hamil. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Para ibu hamil disarankan menjalani skrining melalui pemeriksaan Prosafe NIPT lewat sampel darahnya untuk mendeteksi sedini mungkin kelainan kromosom.

Mendeteksi dini kemungkinan kelainan kromosom mencegah bayi yang lahir memiliki risiko kelainan kromosom. Mereka yang memiliki riwayat kelainan kromosom dalam keluarga sangat perlu melakukan pemeriksaan ini.

Namun mereka yang tidak memiliki riwayat kelainan kromosom juga perlu melakukan pemeriksaannya, karena tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi. Kelainan kromosom ini tidak bisa diprediksi kejadiannya.

Terkait dengan hal ini, Laboratorium klinik Prodia kini mampu mengerjakan sendiri proses pemeriksaan Prosafe NIPT di laboratorium klinik milik Prodia.

Direktur Bisnis dan Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk Indriyanti Rafi Sukmawati mengatakan, Prosafe-NIPT merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin dengan menggunakan sampel darah ibu hamil.

Kelainan kromosom pada janin dapat terdeteksi sejak dalam kandungan.

Alat pemeriksaan sampel darah
Alat untuk memeriksa sampel darah ibu hamil saat proses skrining Prosafe NIPT di laboratorium klinik Prodia.

Kelainan kromosom yang sering terjadi seperti Down Syndrome, Patau Syndrome, Edward Syndrome, Klinifelter Syndrome dan Turner Syndrome. Semua kelainan ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan Prosafe yang diluncurkan Prodia.

Indriyanti menambahkan, Prosafe sudah tersedia di laboratorium klinik Prodia dan layanan ini sudah dapat dikerjakan oleh laboratorium Prodia sejak Oktober tahun 2017 lalu.

Saat layanan ini diluncurkan, pengerjaan pemeriksaan dilakukan Prodia melalui kerja sama antara Prodia dan Illumina sembari menyiapkan pengerjaan sendiri.

Baca: Dokter Mengeluh, Biaya Operasi Cesar Sebelum Ada BPJS Kesehatan Rp 6 Jutaan, Kini Cuma Rp 4,3 Jutaan

"Mulai 6 November 2018 Prosafe secara resmi dapat kami kerjakan sendiri di laboratorium klinik Prodia," ungkap Indriyanti.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas