Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Yang Harus Diperhatikan ketika Harus Donor ASI

Setelah melahirkan, payudara ibu telah siap mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI) untuk memenuhi kebutuhan bayi. Namun, tidak semua ibu bisa demikian.

Yang Harus Diperhatikan ketika Harus Donor ASI
Babycompany.com
ASI Air Susu Ibu 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah melahirkan, payudara ibu telah siap mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI) untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Bagi beberapa ibu, ASI dapat langsung keluar beberapa jam setelah melahirkan. Namun, bagi beberapa ibu lainnya, ASI baru bisa keluar beberapa hari setelah melahirkan.

Bahkan tak jarang pula, ASI yang keluar sangat sedikit sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi.

Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K) menjelaskan ASI memang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan perkembangan bayi.

Baca: Takaran Susu Formula untuk Bayi Sesuai Usia

Namun ketika ASI tidak keluar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi, sebaiknya ibu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jalan keluar yang terbaik.

"Tolong kita sama-sama pahami bahwa usaha memberikan ASI itu memang bagus tetapi jangan ekstrem dengan tidak ingin memberikan apapun selain ASI.

Ketika grafik pertumbuhan bayi sudah flat tanyakan ke dokter untuk intervensi.

Terlebih ketika bayi lahir prematur. Kita harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk mengejar ketinggalan bayi prematur," ujar Rina dalam acara peluncuran bukunya yang bertajuk 'ASI Untuk Bayi Prematur' di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, Rabu (28/11).

Biasanya, ada dua cara yang dapat dilakukan seorang ibu ketika ASI tidak keluar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi.

Pertama menggunakan susu formula dan kedua menggunakan donor ASI.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas