Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Sebaiknya Jangan Simpan Antibiotik untuk Berjaga-jaga

Bukan berarti informasi ini untuk menakut-nakuti Anda supaya tidak mengonsumsi antibiotik ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

Sebaiknya Jangan Simpan Antibiotik untuk Berjaga-jaga
Kompas.com
Resistensi obat antibiotik telah merenggut nyawa 700.000 penduduk dunia setiap tahunnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Cuaca dingin karena mulai musim hujan membawa peningkatan pada infeksi saluran pernapasan atas, seperti bersin-bersin, batuk, dan sakit kepala.

Gejala-gejala seperti di atas sering kali membuat para pasien yang datang berobat ke dokter bertanya, bisakah saya mendapatkan antibiotik?

Tentu saja, jawabannya tidak selalu ya.

Memang, sakit itu tidak menyenangkan. Jadi tidak heran bila orang lantas mencari bantuan cepat dengan meminum pil. Tapi, ketika memilih antibiotik, terlalu sering menggunakannya adalah masalah besar.  

Baca: Konsumsi Karbohidrat Tanpa Jadi Lemak Ternyata Bisa, Asal Waktunya Tepat

Berikut ini beberapa fakta yang harus Anda pertimbangkan saat berikutnya Anda mengunjungi dokter, seperti dikutip dari clevelandclinic.org.

Antibiotik tidak bekerja untuk semuanya

Antibiotik melawan infeksi bakteri, tetapi mereka tidak akan bekerja melawan infeksi virus. Itu berarti mereka tidak efektif melawan flu atau pilek biasa.

Dalam sebuah survei di tahun 2012, satu dari tiga orang Amerika yang disurvei percaya bahwa antibiotik bekerja secara efektif melawan pilek.

Ketika Anda mengunjungi dokter Anda, maka ia akan sespesifik mungkin tentang semua gejala Anda sehingga ia dapat mempersempit penyebabnya. Mencari tahu apakah kemungkinan bakteri atau virus adalah langkah pertama.

Misalnya, gejala seperti demam tinggi secara konsisten, keluarnya cairan hidung dan nyeri wajah yang parah dapat menandakan infeksi sinus bakteri. Sebagian besar infeksi sinus bersifat viral, tetapi jika gejala ini bertahan selama beberapa hari tanpa perbaikan, penyebabnya mungkin adalah bakteri.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Intisari
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas