Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BPJS Kesehatan Tidak Perpanjang Kerjasama dengan Sejumlah Rumah Sakit, Bagaimana Nasib Pasien?

Sejumlah Rumah Sakit (RS) yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tetapi bermasalah dengan akreditasi sudah bisa kembali melayani pasien.

BPJS Kesehatan Tidak Perpanjang Kerjasama dengan Sejumlah Rumah Sakit, Bagaimana Nasib Pasien?
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Antrian warga saat mengurus kartu BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Batam, Rabu (19/12/2018). Terbitnya Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 diharapkan mampu menyatukan regulasi setiap instansi terkait peleyanan BPJS Kesehatan. TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Sejumlah Rumah Sakit (RS) yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tetapi bermasalah dengan akreditasi sudah bisa kembali melayani pasien dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’aruf menyebutkan pertimbangan tersebut berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Nomor HK.03.01/Menkes/18/2019 pada 4 Januari 2019 lalu.

“Dengan surat Kemenkes 4 Januari 2019 kemarin maka RS yang sudah kerja sama tapi belum akreditasi bisa dikerjasamakan kemabli. Rekomendasi Kemenkes,” kata Iqbal kepada Tribunnews.com, Senin (7/1/2019).

Rumah Sakit yang sudah kembali yang bermasalah dengan sertifikat akreditasi tapi sudah kembali melayani BPJS Kesehatan diantaranya adalah RSUD Jati Padang dan Kebayoran Lama.

Sertifikat akreditasi tersebut merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap rumah sakit yang melayani program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Baca: BPJS Kesehatan Pastikan Tidak Perpanjang Kerjasama dengan Sejumlah Rumah Sakit Bukan Karena Defisit

Awalnya RS akan diseleksi atau kredensialing mengenai sumber daya manusia (SDM), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkungan pelayanan dan komitmen pelayanan maka BPJS tetap tidak memperpanjang kontraknya.

Kemudian setiap tahunnya akan dilakukan rekredensialing atau proses evaluasi mulai dari surat izin operasional, surat penetapan kelas rumah sakit, surat izin praktik tenaga kesehatan, hingga surat pernyataan mematuhi ketentuan yang terkait JKN.

Lantas, bagaimana nasib pasien?

Iqbal menyebutkan bagi pasien yang sebelumnya mendapatkan pelayanan kesehatan di RS yang tidak diperpanjang kerjasamanya akan mendapatkan rujukan RS lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas