Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Atasi Sembelit Setelah Jalani Operasi Caesar

Seperti halnya operasi yang lain, persalinan dengan cara caesar memiliki komplikasi dan risiko. Di antaranya mengalami sembelit.

Atasi Sembelit Setelah Jalani Operasi Caesar
ISTIMEWA
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Baru saja melewati operasi caesar dan harus merawat si kecil bukan perkara mudah. Sebab, pemulihan pascaoperasi biasanya lebih sulit daripada setelah melahirkan secara normal.

Anda yang menjalani operasi sesar harus pula melakukan tindakan pencegahan ekstra seperti mengawasi kemungkinan infeksi atau rasa sakit yang berlebihan.

Seperti halnya operasi yang lain, persalinan dengan cara caesar memiliki komplikasi dan risiko. Di antaranya mengalami sembelit.

Biasanya perawat di rumah sakit akan mengajak Anda untuk banyak bergerak demi membantu mencegah pembentukan gumpalan darah dan sembelit.

Baca: Yang Perlu Diperhatikan Saat Luka Bekas Operasi Caesar Terasa Panas dan Gatal

Postpartum atau pergerakan usus lambat sering disebabkan oleh kondisi hormon yang fluktuatif atau oleh jumlah cairan dan serat yang tidak mencukupi dalam makanan.

Penyebab konstipasi lainnya adalah kondisi psikologis karena Anda merasa takut pada rasa sakit yang muncul atau paranoid akan jahitannya pecah.

Jika Anda mengalami sembelit pascaoperasi sesar, cobalah salah satu solusi mudah yang Nakita sajikan untuk membantu meringankan buang air besar.

1. Banyak bergerak

Jika Anda tidak kesulitan untuk bergerak, lakukanlah jalan-jalan kecil beberapa kali dalam sehari. Cobalah untuk menambah durasi bergerak Anda beberapa menit setiap harinya.

Bergerak juga dapat membantu mengatasi kesulitan buang gas dan kembung yang sering terjadi pascaoperasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas