Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Cara Mengatur Porsi Makan Sesuai Profil Tubuh Anda

Setiap orang memiliki kebutuhan makan yang berbeda. Beberapa faktor yang menentukan, misalnya tinggi badan, usia, dan tingkat aktivitas.

Cara Mengatur Porsi Makan Sesuai Profil Tubuh Anda
SHUTTERSTOCK
Posisi terbaik saat makan dan minum adalah sambil duduk. 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap orang memiliki kebutuhan makan yang berbeda. Beberapa faktor yang menentukan, misalnya tinggi badan, usia, dan tingkat aktivitas.

Banyak dari kita yang cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak daripada yang sebetulnya dibutuhkan tubuh, baik karena kebiasaan sejak kecil maupun pengaruh lingkungan.

Ahli gizi selebriti sekaligus pendiri Nosh Detox, Geeta Sidhu-Robb menjelaskan, ketika kita makan dengan porsi lebih besar, kita akan cenderung menghabiskannya meskipun sebetulnya sudah tidak merasa lapar.

Butuh waktu sekitar 20 menit untuk perut mengirimkan sinyal bahwa tubuhmu sudah kenyang. Namun, banyak dari kita yang tidak mempertahankan makanan hingga selama itu, karena kita makan terlalu cepat.

Baca: Malas Olahraga dan Diet, Adakah Solusi Lain Turunkan Berat Badan?

Mengontrol porsi makan mungkin memang terdengar sulit, namun hal tersebut bisa menjadi langkah awal untuk menghindari kebiasaan kebanyakan makan.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengontrol porsi makan, cobalah menerapkan enam tips berikut, seperti dikutip dari Cosmopolitan:

1. Penuhi setengah piring nasi dengan sayuran hijau pada setiap sesi makan.

"Isi sisa piring dengan lemak, karbohidrat dan protein," kata Geeta. Kebiasaan tersebut juga bisa membuat kulitmu lebih berkilau, lho.

2. Untuk cemilan, usahakan porsinya sebesar kepalan tangan. Dari semua waktu makan, sore dan malam hari tubuh kita mampu membakar lebih banyak kalori ketimbang pagi hari.

Oleh karena itu, ngemil cerdas akan membuat kita kenyang lebih lama.

Baca: Gatal-gatal Bukan Selalu karena Alergi, Diabetes Bisa Jadi Biang Keladi

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Willem Jonata
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas