Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Meningkatkan Kecerdasan Bayi Lewat Konsumsi Kacang Saat Hamil

Kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari magnesium dan lemak sehat yang mampu melindungi kesehatan otak kita.

Meningkatkan Kecerdasan Bayi Lewat Konsumsi Kacang Saat Hamil
Consumer Report
Kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari magnesium dan lemak sehat yang mampu melindungi kesehatan otak kita. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama hamil, apapun yang dilakukan dan diasup ibu berpengaruh besar pada kesehatan janin dalam kandungan.  Itu sebabnya calon ibu disarankan untuk mengasup lebih banyak makanan sehat selama kehamilan. Salah satunya adalah konsumsi kacang. 

Sebuah studi terbaru dari Institut Kesehatan Global Barcelona (ISGlobal) menemukan bahwa konsumsi kacang bisa memengaruhi kecerdasan otak bayi. 

Kacang-kacangan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari magnesium dan lemak sehat yang mampu melindungi kesehatan otak kita. 

Selain itu, kacang-kacangan bisa memberikan tambahan rasa dan memberi efek mengenyangkan pada pola makan ketogenik atau diet lainnya yang berbasis tanaman.  

Para peneliti di ISGlobal juga telah mengaitkan pola makan tinggi kacang selama kehamilan dengan peningkatan perkembangan otak pada anak-anak mereka. 

Baca: Kisah Tentang Suradi, Pengangguran Yang Punya Warisan Lahan 2000 M2 untuk Kolam Ikan dan Lobster

Penelitian yang dilakukan terhadap 2.200 orang ibu dari Spanyol ini meminta para partisipannya untuk menyelesaikan kuisioner tentang kebiasaan makan mereka selama trimester pertama dan terakhir kehamilan

Setelah bayi lahir, perkembangan neuro-psikologis anak-anak mereka diukur menggunakan beberapa tes yang telah divalidasi secara internasional. Tes ini diberikan ketika anak berusia 18 bulan, 5 tahun, dan 8 tahun setelah kelahiran.  

Baca: Pacar Vera Oktaria, Terduga Pelaku Mutilasi Karyawati Indomaret, Bukan Orang Sembarangan

Hasil penelitian menunjukkan, ibu yang makan kacang selama trimester pertama cenderung memiliki anak dengan fungsi kognitif, kapasitas perhatian, dan memori kerja jangka panjang yang lebih baik. 

"Ini adalah studi pertama yang mengeksplorasi kemungkinan manfaat dari memakan kacang selama kehamilan untuk perkembangan saraf anak dalam jangka panjang," kata peneliti ISGlobal dan penulis pertama studi, Florence Gignac. 

Otak mengalami serangkaian proses kompleks selama kehamilan. Ini berarti bahwa nutrisi ibu merupakan faktor penentu dalam perkembangan otak janin dan dapat memiliki efek jangka panjang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas