Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Cara Redakan Memar Pada Tumit Akibat Olahraga Berlebih dan Penggunaan Heels

Memar tersebur terjadi karena terganggunua pembulih darah di otot dan jaringan lunak pada tumit

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan berulang yang berlebihan, penggunaan sepatu yang tidak pas saat jogging, penggunaan sepatu heels, hingga jatuh tiba-tiba dapat menyebabkan tumit kaki memar.

Memar tersebur terjadi karena terganggunua pembulih darah di otot dan jaringan lunak pada tumit, sehingga terjadi pendarahan dibawah kulit meskipun kulit tidak pecah.

Baca: Cerita Melaney Ricardo Sempat Cedera Tulang Kaki Gara-gara Beli Sepatu Diskon

Seperti melansir dari Medical News Today, memar di tumit bisa diredakn dengan mengompres menggunakan es sekitar 10 sampai 20 menit.

Kemudian beberapa hari berselang pada bagian tumit yang memar dikompres dengan menggunakan air hangat.

Tips lainnya meredakan memar pada tumit adalah tidur dengan posisi kali lebih tinggi dari tubuh, bisa dengan menggunakan ganjalan bantal.

Posisi ini bisa meredakan pembengkakan dan rasa sakit,

Cedera pada tumit dapat membuat kaki tidak stabil yang resikonya dapat menyebabkan cedera lainnya sehingga hindari dulu aktivitas berat.

Beberapa gerakan ini juga dapat membantu meredakan memar seperti duduk sambil mengangkat tumit yang terluka dan silangkan kaki ke atas kaki lainnya.

Kemudian gunakam tangan untuk menarik jari kaki dengan lembut ke arah tubuh sampai Anda merasakan regangan. Pegang ini selama 10-20 detik, ulangi 5-10 kali.

Baca: Sering Jalan Berjam-jam, Melaney Ricardo Akui Tumitnya Kasar dan Keras

Meredakan memar tumit bisa juga dengan meninum obay antiinflamasi nonsteroid yang dijual bebas, atau NSAID, seperti ibuprofen.

Jika rasa sakit terus berlangsung lebih dari 1 minggu ditambah dengan tanda-tanda sirkulasi darah rendah, seperti bengkak di kaki atau kesemutan, demam, menyertai rasa sakit sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk segera dilakukan pengecekan dengan alat kesehatan.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas