Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kecamatan Cileungsi

Camat Cileungsi Renaldi Yushab Fiansyah Mulai Benahi Wilayahnya

Cileungsi adalah salah satu dari 40 kecamatan di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebagai salah satu daerah penyangga ibukota

Camat Cileungsi Renaldi Yushab Fiansyah Mulai Benahi Wilayahnya
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Camat Cileungsi, Renaldi Yushab Fiansyah, S.Sos., kepada media mengatakan, berbenah mulai mengatur sentra industri khusus hingga jumlah penduduk, wilayah kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Cileungsi adalah salah satu dari 40 kecamatan di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebagai salah satu daerah penyangga ibukota serta sesuai dengan tujuan penataan ruang nasional, sudah selayaknya wilayah ini memperhatikan aspek-aspek keterpaduan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah nasional, provinsi, dan kabupaten/kota dalam rangka pelindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pemanfaatan ruang. 

Tak hanya itu, penataan ruang yang memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan, akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat kecamatan Cileungsi khususnya dan kabupaten Bogor pada umumnya. 

Ditambah lagi, kecamatan Cileungsi memiliki populasi penduduk tertinggi di kabupaten Bogor dengan sekitar 360 ribu penduduk. Atas dasar itulah, wilayah kecamatan Cileungsi ini kini membutuhkan penataan wilayah yang lebih baik.  

Secara geografis, kecamatan Cileungsi terletak di wilayah Utara-Timur dari kabupaten Bogor. Terbagi menjadi 12 desa, kecamatan ini adalah salah satu sentra industri khusus di kawasan Jabodetabek dengan luas 689,01 hektar (ha). 

“Saat ini pemerintah daerah mencoba mengendalikan industri-industri yang ada di Cileungsi ini untuk sesuai dengan peruntukannya. Lalu persyaratannya agar industri ini bisa berjalan dan tidak menggangu kepentingan-kepentingan umum lainnya,” papar Camat Cileungsi, Renaldi Yushab Fiansyah, S.Sos, Senin (8/1). 

Dikatakannya, sebagai kawasan industri khusus, kecamatan Cileungsi harus memperhatikan kebijakan norma, standar, prosedur dan manual pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten Bogor dalam pengembangan kawasan industri sesuai implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 24/2009. 

“Pemerintah kabupaten sudah menentukan tentang penataan tata ruang wilayah kecamatan Cileungsi, kami hanya berkewajiban menata dan mengendalikan,” ujar Renaldi.

Dilanjutkannya, penataan wilayah di kecamatan Cileungsi menjadi kewenangan yang melekat secara atributik pada pemerintah kabupaten. Pasalnya, kecamatan Cileungsi tidak hanya memiliki aset sendiri, tetapi ada sarana umum yang jadi milik pemerintah kabupaten. Salah satu contohnya adalah jalan Transyogi, yang menjadi urat nadi transportasi di wilayah kecamatan Cileungsi. 

Secara pendidikan dan kesehatan warga kecamatan Cileungsi juga lebih beruntung dari kecamatan lainnya di wilayah kabupaten Bogor. Pasalnya, fasilitas pendidikan dan kesehatan yang tersedia tidak hanya yang disediakan pemerintah, tetapi juga dari pihak swasta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: FX Ismanto
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas