Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

3 Tahun Jokowi JK

Apa yang Diinginkan Presiden Jokowi 3 Tahun Blusukan ke Seluruh Pelosok Negeri?

Jokowi tuangkan isi pikiran di akun Facebook resmi miliknya dalam rangka tiga tahun masa Pemerintahannya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Apa yang Diinginkan Presiden Jokowi 3 Tahun Blusukan ke Seluruh Pelosok Negeri?
Biro Pers Istana Kepresidenan
Presiden Jokowi 

“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai. Tiga tahun semenjak menjadi Presiden Republik Indonesia, saya telah mendatangi 33 provinsi di luar ibukota Jakarta, dari Aceh di ujung barat sampai Papua di ujung timur, dari Nusa Tenggara di pinggir selatan sampai ke Pulau Miangas yang terluar di utara.”

Kata-kata di atas adalah paragraph pembuka dari tulisan panjang Presiden Joko Widodo di akun Facebook resmi miliknya yang di posting Jumat (20/10/2017). Dalam tulisan panjang tersebut, Jokowi menuliskan apa saja yang telah ia dan pemerintahannya lakukan dalam tiga tahun masa jabatannya sebagai pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa dalam 1.095 hari ia menjabat, ia telah blusukan ke berbagai pelosok negeri, dan menghadiri paling tidak 520 acara. Namun, apa sebenarnya yang dicari Presiden Jokowi ketika ia blusukan ke pelosok negeri?

“Saya ingin memastikan semua program pemerintah yang sudah direncanakan telah dilaksanakan dengan benar, mengontrol jalannya proyek-proyek strategis nasional, mengecek hambatan-hambatan dan mencarikan jalan keluarnya,” tulisnya.

Pasalnya, Indonesia sekarang sedang menggencot pembangunan infrastruktur untuk mengejar ketinggalan pembangunan demi meningkatkan daya saing dengan Negara lain. Pemerintah bahkan telah meningkatkan total anggarannya dari Rp 177 triliun pada 2014 menjadi Rp 401 triliun di 2017 ini.

Hasilnya sejauh ini, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan tujuh Pos Lintas BatasNegara di perlintasan utama sepanjang perbatasan dengan Negara tetangga Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Selain itu, dalam tiga tahun ini, panjang jalan tol di Indonesia telah bertambah 300 kilometer dari semula hanya 780 kilometer pada 2014.

Pemerintah juga membangun pelabuhan, mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Kuala Tanjung di Sumatra Utara dan Makassar New Port di Sulawesi Selatan, serta pelabuhan-pelabuhan kecil di berbagai pulau.

Tiga tahun ini pemerintah juga membangun tujuh bandara baru di pulau dan daerah terpencil serta membenahi 439 bandara lama. Pemerintah juga menyelesaikan pembangunan 33 waduk dari 49 waduk yang direncanakan.

Selain infrastruktur, Jokowi juga memaparkan capaian terkait dengan bantuan sosial kepada masyarakat. Sampai Oktober 2017 ini, Kartu Indonesia Sehat telah diterima 182 juta penduduk Indonesia. Lebih dari 8 juta Kartu Indonesia Pintar telah dibagikan kepada siswa-siswa sekolah.

Selain itu, untuk mengejar target sertifikasi lahan di seluruh Indonesia, Jokowi juga telah membagikan langsung 137.035 lembar sertifikat hak milik tanah untuk rakyat di 37 lokasi di 22 provinsi.

Namun, Jokowi menekankan bahwa pekerjaannya masih jauh dari selesai.

“Tiga tahun menjadi Presiden Republik Indonesia, pekerjaan kita masih jauh dari selesai. Negara kita besar, maka target kita juga harus besar. Agar kita berdaya saing kuat, berdiri tegak dan sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya,” ungkap Jokowi. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Berita Terkait :#3 Tahun Jokowi JK

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas