Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pembangunan SDM

2019 Di Depan Mata, Apa Yang Harus Kamu Lakukan? ‘Kaleidoskop 2018’ Mungkin Bisa Jadi Jawabannya

Banyak yang terjadi di 2018, mulai dari peristiwa penting atau bahkan hal-hal kecil yang jadi trending topic selama 2018. Semua ini bisa kamu lihat da

BizzInsight
2019 Di Depan Mata, Apa Yang Harus Kamu Lakukan? ‘Kaleidoskop 2018’ Mungkin Bisa Jadi Jawabannya
Istimewa

Banyak yang terjadi di 2018, mulai dari peristiwa penting atau bahkan hal-hal kecil yang jadi trending topic selama 2018. Semua ini bisa kamu lihat dari kaleidoskop 2018 yang pastinya akan banyak dibuat orang.

Jadi, apa sebenarnya itu kaleidoskop?

Kaleidoskop sebenarnya adalah sebuah alat optic yang terbuat dari beberapa cermin yang disusun dengan sudut kemiringan tertentu yang kemudian menghasilkan pantulan cahaya dengan warna yang indah.

Makna dari kaleidoskop ini punya pergeseran menjadi aneka peristiwa yang telah terjadi, yang disajikan secara singkat. Semacam rangkuman beberapa peristiwa yang sudah terjadi dari waktu ke waktu yang terarsipkan dalam bentuk teks, gambar, foto, atau bahkan video.

Makna ini yang kemudian membuat Kaleidoskop peristiwa setahun belakangan sangat populer di akhir tahun. Banyak pihak berlomba-lomba membuat kaleidoskop peristiwa yang terjadi setahun belakangan.

Tidak sedikit juga yang memanfaatkan kaleidoskop ini sebagai bahan ‘refleksi’ atau ‘catatan akhir tahun’ untuk menyusun pencapaian apa saja yang sudah mereka lakukan setahun belakangan.

Seperti contohnya yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM).

Selama 2018 ini, BPSDM telah melakukan banyak gebrakan, apalagi semenjak 4 satuan kerja menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU), dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas & profesionalitas pelayanan public.

BPSDM ESDM menyelenggarakan pelatihan bagi 7.500 peserta dan sertifikasi 15.000 dengan lingkup subsektor migas, pertambangan, ketenagalistrikan, & energi baru terbarukan serta konservasi energi.

Pola pelatihan yang diselenggarakan memuat unsur knowledge, experience, & fun.

Untuk menunjang pelatihan & sertifikasi, BPSDM ESDM telah memiliki 77 ruang lingkup skema sertifikasi yang telah terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Selain itu, BPSDM ESDM bekerja sama dengan berbagai stakeholder untuk menambah tempat uji kompetensi (TUK) di seluruh wilayah Indonesia.

BPSDM ESDM juga memberikan kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi vokasi di Politeknik Energi & Mineral Akamigas, Cepu.

Untuk memperluas layanan pendidikan vokasi di Indonesia, BPSDM ESDM akan mendirikan 15 Politeknik Energi Pertambangan di lokasi yang memiliki sumber energi.

Untuk menunjang kegiatan pelatihan dan sertifikasi, BPSDM ESDM memiliki aset berupa kilang pengolahan minyak yang berada di PPSDM Migas, Cepu dan Wisma PPSDM.

Dengan semua fasilitas yang disediakan dan pencapaian yang selama ini diraih BPSDM ESDM, membuat mereka memiliki kredibilitas yang baik dalam mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral.

Penulis: Dessita Chairani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas