Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pileg DPR-RI Dapil IX Jawa Timur: Siapa Melenggang ke Senayan

Daerah pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (Tuban, Bojonegoro) menjadi salah satu daerah dengan dinamika politik yang cukup dinamis.

Pileg DPR-RI Dapil IX Jawa Timur: Siapa Melenggang ke Senayan
Wartakota/henry lopulalan

Pesta demokrasi sudah mendekati detik-detik akhir. Daerah pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (Tuban, Bojonegoro) menjadi salah satu daerah dengan dinamika politik yang cukup dinamis.

Pertarungan tidak hanya melibatkan petahana, tetapi juga pendatang baru yang sebenarnya sudah memiliki reputasi mumpuni. Untuk itu memotret detik-detik akhir menjelang pencoblosan, Lembaga In-Depth Riset yang berbasis di Jakarta melakukan survey elektabilitas untuk memprediksi siapa yang bakal melenggang ke senayan sebagai wakil rakyat.

Survey ini merupakan survey yang kedua dilakukan oleh In-Depth Riset, setelah survey pertama pada periode Februari lalu. Survey dilakukan melalui wawancara tatapmuka (face-to-face interview) terhadap 800 responden terpilih (420 responden di Bojonegoro dan 380 responden di Tuban).

Margin error dalam riset ini sebesar 3,4 % pada tingkat kepercayaan 95%. Metode sampling yang digunakan adalah metode multistage random sampling dengan rumah tangga sebagai unit terkecil.

Pemilihan responden pada level rumah tangga menggunakan metode kish grid. Survey dilaksanakan pada 1-8 April 2019. Beberapa point penting dari temuan riset ini adalah:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mendominasi

Temuan periode April 2019 ini tidak berbeda jauh dengan temuan Februari 2019 lalu, dimana suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi akan mendapatkan suara tertinggi, jauh meninggalkan partai-partai lain.

“Suara Partai Kebangkitan Bangsa di Dapil IX Jawa Timur diprediksi mencapai 29,9%. Kemudian diperingkat kedua adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan suara 17,1% ( selisih 12,8% dengan PKB)” ujar Sirkis Nugroho selaku direktur In-Depth Riset.

Berikut prediksi 10 besar partai dengan suara tertinggi di Dapil IX Jawa Timur:

  • Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) = 29,9%.
  • Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) = 17,1%
  • Partai Golongan Karya (Golkar) = 7,5%
  • Partai Demokrat = 7,2%
  • Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) = 6,9%
  • Partai Nasional Demokrat (NasDem) = 3,0%
  • Partai Persatuan Pembangunan (PPP) = 2,0%
  • Partai Keadilan Sejahtera (PKS) = 0,9%
  • Partai Perindo = 0,9%
  • Partai Amanat Nasional (PAN) = 0,9%

Lukmanul Khakim M.Si Memperoleh Suara Tertinggi

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas