Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenpar Siapkan Magelang Jadi Destinasi Berbasis Mitigasi Bencana

Magelang dipersiapkan Kementerian Pariwisata sebagai destinasi wisata berbasis mitigasi bencana. Untuk itu Focus Group Discussion (FGD) digelar.

Kemenpar Siapkan Magelang Jadi Destinasi Berbasis Mitigasi Bencana
Kemenpar
FGD Mitigasi Bencana pada Destinasi Daya Tarik Wisata di Magelang dan Kawasan Borobudur. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Artos Magelang, Jumat 17 Mei 2019. 

Magelang dipersiapkan Kementerian Pariwisata sebagai destinasi wisata berbasis mitigasi bencana. Untuk itu Focus Group Discussion (FGD) digelar.

Namanya, FGD Mitigasi Bencana pada Destinasi Daya Tarik Wisata di Magelang dan Kawasan Borobudur. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Artos Magelang, Jumat 17 Mei 2019.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional II Kementerian Pariwisata, Reza Fahlevi, menilai potensi pariwisata Magelang luar biasa. Baik itu potensi alam, buatan, dan budayanya.

Dengan segala potensi seperti itu Magelang menjadi salah satu destinasi unggulan tanah air. Maka dari itu dibutuhkan penanganan secara konprehensif untuk membuat wisatawan semakin nyaman.

"Fasilitasi mitigasi bencana seperti ini sangat penting untuk mendukung meningkatnya kewaspadaan dan kepedulian terhadap risiko bencana. ApalagiApalagi Magelang kini telah menjadi destinasi unggulan yang selalu menjadi pilihan wisatawan. Kami ingin seluruh pihak paham betul bagai mana meminimalkan dampak bencana sehingga wisatawan pun yakin berwisata di Magelang," ujar Reza.

Reza menambahkan, industri pariwisata rentan terkena ancaman bencana. Namun hal ini juga memiliki nilai positif. Salah satunya menjadikan risiko bencana sebagai atraksi wisata.

"Dalam konteks yang lebih maju, dengan kesiapsiagaan yang terukur, efektif dan efisien, kondisi ancaman dapat saja dijadikan atraksi wisata. Contohnya Hawaii yang memiliki Volcano Tourism atau Lava Tour Merapi. Ini yang menjadi landasan digelarnya FGD ini," ungkapnya.

FGD diisi dengan diskusi panel. Hadir berbagai narasumber yang berkompeten dibidangnya. Ada Kadisparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, Kepala Seksi Mitigasi Struktur BNPB Elfina Rozita, serta Staf Ahli Pusat Pengkajian Strategi dan Humanitarian Project Manager CBM Indonesia Tanty S. Reinhart Thamrin.

Ada juga Hanik Humaida dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Iptu Sutarman dari Polres Kabupaten Magelang. FGD juga diikuti oleh seluruh stakeholder pariwisata Magelang.

Kadisparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso menyambut baik digelarnya FGD tersebut. Menurutnya ini menjadi langkah yang baik untuk membuat pariwisata Magelang semakin berkembang lagi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas