Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Lewat Bimtek, Kemenpar Kembangkan Wisata Perdesaan di Tabanan Bali

Pengembangan tersebut dilakukan Kemenpar melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Wisata Perdesaan.

Lewat Bimtek, Kemenpar Kembangkan Wisata Perdesaan di Tabanan Bali
Kemenpar
Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani 

Kementerian Pariwisata serius meningkatkan pengetahuan pengelola desa wisata dan komunitas. Termasuk dalam pengembangan destinasi, penyusunan story telling dan pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Pengembangan dikemas dalam paket produk Wisata Perdesaan dan Perkotaan di Tabanan, Bali.

Pengembangan tersebut dilakukan Kemenpar melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Wisata Perdesaan. Kegiatan ini berlangsung di Puri Taman Sari Resort, Tabanan, Bali, 16-18 Mei 2019.

Apa sih yang dicari Kemenpar? Kok mau sampai repot menggelar Bimtek di Bali? Ternyata, ada hal besar yang dibidik.

Kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu ingin mengembangkan desa wisata di Bali sebagai wisata alternatif dalam upaya revitalisasi bali.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, potensi wisata Perdesaan di Tabanan sangat potensial.

Karena kaya dengan budaya lokal. Lewat Bimtek, desa- desa di Tabanan akan dijadikan desa wisata berkualitas yang berdaya saing melalui paket-paket wisatanya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan full class. Hari pertama ada pemberian materi oleh para narasumber dan best practice pengembangan desa wisata di Bali dan nasional. Sedangkan hari kedua, dilanjutkan pemberian materi oleh para narasumber dilanjutkan dengan kegiatan persentase masing-masing kelompok tentang potensi desa wisata (3A, SMI, BAS), analisis SWOT dan penyusunan paket wisata," papar Giri Adnyani.

Bimtek diikuti 50 orang. Kegiatan ini juga mengundang pemangku kepentingan wisata Perdesaan/adat dari Desa Cau Belayu, Desa Selanbawak, Desa Geluntung, Desa Tegaljadi, Desa Tua, Desa Kukuh, Desa Batanyuh Belayu, Desa Petiga, Desa Marga, Desa Baru, Desa Marga Dajan Puri, Desa Marga Dauh Puri, Desa Peken Belayu dan Desa Batanyuh Belayu.

Giri melanjutkan, Tabanan menyimpan banyak kekayaan wisata Perdesaan. Umumnya diwariskan turun temurun. Seperti Desa Wisata Jatiluwih, Desa Wisata Pinter dan dan Desa Wisata Nyambu.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas