Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kominfo Fokus Melanjutkan Pembangunan Palapa Ring di Kabupaten Morotai

Kementerian Kominfo berfokus melanjutkan pembangunan Palapa Ring terlihat melalui pemancangan batu pertama secepatnya yang harus dibangun.

Kominfo Fokus Melanjutkan Pembangunan Palapa Ring di Kabupaten Morotai
dok.kominfo
Menkominfo Rudiantara saat Groundbreaking Proyek Palapa Ring Paket Tengah di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Selasa (22/11/2016). 

TRIBUNNEWS.COM  - Kementerian Kominfo berfokus melanjutkan pembangunan Palapa Ring.

“Kalau Palapa Ring Barat sudah mulai membangun, di Palapa Ring Tengah dengan pemancangan batu pertama ini secepatnya harus segera dibangun karena membangun ring ini tidak dari satu titik ke titik yang lain karena di paket tengah ini ada 17 yang baru dan 11 connected” jelas Menkominfo Rudiantara saat Groundbreaking Proyek Palapa Ring Paket Tengah di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, Selasa (22/11/2016).

Menkominfo mengharapkan dengan total 28 titik yang akan dibangun tersebut, paket tengah harus sudah bisa beroperasi pada awal tahun 2019.

“Kalau yang Barat diharapkan akhir 2018 sudah beroperasi, dan Timur diharapkan akhir 2019 sudah bisa selesai” tambahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika menghimbau agar PT Len Telekomunikasi Indonesia (PT LTI) selaku Badan Usaha Pelaksana Proyek Palapa Ring Paket Tengah untuk menggunakan kontraktor lokal dalam membangun Palapa Ring Paket Tengah.

“Jangan menggunakan kontraktor dari Jakarta karena ongkosnya sudah mahal dan tidak mengerti lapangan, maksimalkan kontraktor lokal yang bisa direkomendasikan oleh Bupati namun tetap ada kompetisi karena harus yang terbaik” kata Menkominfo.

Dengan total kabel fiber optik yang dibangun mencapai 2.700 km, Proyek Palapa Ring Paket Tengah akan membangun kabel fiber optik di 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.

Provinsi Kalimantan Timur akan menjangkau Kabupaten Mahakam Ulu. Provinsi Sulawesi Utara menjangkau tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Siau- Tagulandang-Biaro.

Provinsi Sulawesi Tengah akan menjangkau empat kabupaten antara lain Morowali, Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Morowali Utara. Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan alokasi enam kabupaten yaitu Muna, Konawe Utara, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Muna Barat dan Buton Tengah.

Sedangkan Maluku Utara menjangkau tiga kabupaten, terdiri dari Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Pulau Taliabu dan Kota Tidore Kepulauan.

“Provinsi Maluku Utara khususnya Kabupaten Pulau Morotai patut berbangga hati denggan keberadaan proyek inikarena keberhasilan akses internet nantinya akan memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sehingga memberi pengaruh positif bagi masyarakat yang memanfaatkan keberadaan penyediaan akses internet tersebut, "kata Bupati Pulau Morotai Syamsudin A. Kadir.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Advertorial
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas