Tribunnews.com

Cinta Bebaskan Rima Melati Dari Kanker

Senin, 20 September 2010 14:35 WIB
Cinta Bebaskan Rima Melati Dari Kanker
Tribunnews/FX Ismanto
Rima Melati
TRIBUNNEWS.COM - Cinta bisa membuat seseorang jadi kuat di saat kritis. Bahkan cinta bisa membawa kesembuhan bagi siapa saja yang percaya.

Artis kawakan Rima Melati telah membuktikannya. Istri dari Frans Tumbuan ini telah merasakan kekuatan cinta dalam proses penyembuhan kanker payudara yang dideritanya bertahun-tahun lampau.

"Saya percaya kalau kekuatan cinta bisa membuat segala hal jadi mungkin. Termasuk menyembuhkan penyakit kanker," ungkap Rima.

Awalnya, Rima sempat tak percaya diri ketika dokter mengatakan kalau dirinya terkena kanker payudara. Berbagai pikiran buruk sudah ada dalam benaknya. Mulai dari proses pengobatan yang rumit hingga kemungkinan terburuk, yakni kematian.

"Saat divonis mengidap kanker payudara saya merasa kalau harapan hidup saya sangat kecil. Apalagi penyakit ini sudah sampai di stadium yang cukup parah. Dalam waktu singkat pula," papar pemilik nama asli Marjolien Tambayong ini.

Belum lagi cerita mengenai pengobatan kanker yang terdengar mengerikan bagi Rima. Berbagai efek samping seperti rambut rontok atau bahkan botak hanyalah salah satunya. Bagi kaum wanita, kebotakan bisa dibilang suatu hal yang sulit diterima.

Tapi hal tersebut berbalik 180 derajat begitu Rima mengetahui kalau Frans, suaminya, tetap cinta dan mendukung agar Rima terbebas dari kanker payudara. Berbekal kekuatan cinta dari suaminya itu, Rima pun tak ragu menjalani pengobatan kemoterapi di Belanda tahun 1990.

"Awalnya saya khawatir kalau Frans akan berpaling dari saya. Sebab efek samping kemoterapi itu membuat rambut saya rontok," ucap Rima. Yang terjadi justru kebalikannya. Frans malah membantu Rima menyisir rambut, meski rambut tersebut rontok. Dan Frans malah tertawa serta mengajak Rima becanda soal rambut rontok tersebut.

Tak hanya itu, Frans juga rajin membacakan buku cerita pada Rima. "Perbuatan kecil seperti itu yang membuat saya sadar kalau Frans sangat cinta pada saya. Bahkan ketika saya mulai berkecil hati lagi, Frans terus memberi semangat. Akibatnya saya sangat terpacu untuk sembuh dari kanker payudara," jelas Rima.

Dukungan dari pihak keluarga turut memacu semangat Rima. Putra dan putrinya juga memberi semangat agar Rima terbebas dari kanker payudara. Itulah yang akhirnya membuat Rima yakin dan semangatnya terus menyala.

"Pujian seperti saya makin cantik dan segar adalah salah satu bentuk semangat yang diberikan oleh Frans dan keluarga. Memang terlihat kecil, tapi dampaknya besar untuk kesembuhan saya," ujar perempuan kelahiran Sulawesi Utara, 22 agustus 1939 ini.

Akhirnya, setelah berkali-kali menjalani kemoterapi di Belanda, Rima akhirnya dinyatakan sembuh. Tapi bagi Rima, obat sesungguhnya adalah cinta dari suami dan keluarganya yang membuat kanker enyah dari tubuhnya.

"Cinta mereka yang tak kunjung henti dalam mendampingi hari-hari saya yang berat melawan kanker membuat semangat saya tetap menyala. Jelas terbukti kalau perhatian dan cinta dari keluarga dan orang terkasih merupakan obat yang paling mujarab," imbuh Rima. (sehatnews.com)
Editor: Anita K Wardhani
0 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved