Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2015

Persiapan Mencegah Anak Rewel Selama Mudik

Ritme berkendara dan waktu istirahat juga harus lebih sering agar si anak tidak cepat bosan yang berujung rewel.

Persiapan Mencegah Anak Rewel Selama Mudik
net
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menempuh perjalanan jauh selama mudik menggunakan mobil pribadi dengan keluarga memang menyenangkan. Tapi, kondisi ini bisa berubah jika Anda punya anak kecil yang rewel.

Apalagi situasi arus mudik yang rata-rata macet akibat volume kendaraan yang ramai. Tentu hal ini bisa membuat si kecil cepat bosan, sehingga gelisah, sampai berimbas pada suasana kabin yang tidak lagi menyenangkan.

Untuk mengatasinya, Sani B Hermawan, Psikolog Anak dan Direktur Lembaga Daya Insani & Roosie Setiawan, awal Juli lalu memberikan tips.

"Menempuh perjalanan jauh dengan anak kecil berbeda treatment dan persiapannya. Yang pasti anak harus dibuat nyaman, bahkan kalau bisa dilibatkan dalam hal persiapan perjalanan," ucapnya.

Menurut Sani, dengan melibatkan anak dalam hal persiapan membuatnya lebih leluasa untuk memilih barang atau mainan kesukaannya. Ini berfungsi untuk mengalihkan perhatiaan saat anak merasa jenuh, misalnya saat kondisi jalan lagi macet.

Selain itu, ritme berkendara dan waktu istirahat juga harus lebih sering agar si anak tidak cepat bosan yang berujung rewel.

"Orang tua juga harus kreatif, seperti membuat games ringan dan lain sebagainya. Intinya membuat suansa fun dalam perjalanan dan bisa saling berinteraksi. Khusus untuk bapak yang berkendara juga harus jaga sikap dan sabar dalam berkendara, pola berkendara juga bisa membuat anak strees," ujar Sani.

Nah, untuk lebih lengkapnya, simak beberapa hal yang bisa dipersiapkan orang tua sebelum mudik dengan si kecil berikut ini:

1. Perhatikan ruang kabin, khusus tempat anak duduk upayakan lebih lapang.

2. Bikin permainan yang interaktif seperti tebak-tebakan, atau bisa juga mencari dan mengunduh games ke gadget yang sifatnya mendidik.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
Tags
mudik

Berita Terkait :#Mudik Lebaran 2015

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas