Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Konsumsi Telur Ternyata Bisa Bikin Betah Melek

Pertengahan hari ketika kita bekerja dan diserang kantuk, sebaiknya jangan makan sesuatu yang manis, tapi makanlah telur.

Konsumsi Telur Ternyata Bisa Bikin Betah Melek
IST
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Pertengahan hari ketika kita bekerja dan diserang kantuk, sebaiknya jangan makan sesuatu yang manis, tapi makanlah telur.

Para ilmuwan menemukan bahwa protein dalam telur, terutama yang ditemukan dalam putih telur, membantu kita tetap terjaga dan waspada.

Protein ini lebih efektif daripada karbohidrat dalam sebatang coklat, sekeping biskuit dan makanan manis lainnya yang dikatakan lebih cepat meningkatkan energi.

Peneliti dari Universitas Cambridge meneliti bagaimana zat bergizi mempengaruhi sel-sel otak yang membuat kita tetap terjaga dan membakar kalori.

Kandungan protein dalam putih telur mengaktifkan sel-sel, memicu pelepasan oreksin secara berkelanjutan. Sementara gula menghambat pelepasan oreksin.

Hormon oreksin adalah hormon yang diproduksi oleh otak. Pada manusia, kekurangan hormon ini sering ditemui pada penderita narcolepsia, yakni rasa kantuk berlebihan di siang hari yang kadang-kadang memicu serangan tidur yang tidak terkendali.

Orang yang sering mengantuk di siang hari lebih rentan gemuk meskipun makannya sedikit.

Dr. Denis Burdakov, salah satu peneliti, menyatakan, yang menggembirakan adalah cara rasional untuk mengatur sel-sel otak menjadi lebih aktif atau kurang aktif dalam memutuskan makanan apa yang akan dimakan.

Dia menyarankan, jika ada pilihan antara roti dengan selai atau roti dengan telur, maka pilihlah pilihan yang terakhir.

“Meskipun dua jenis pilihan mengandung kalori yang sama, tetapi sedikit protein membuat tubuh membakar lebih banyak kalori yang dikonsumsi,” kata Dr. Burdakov.

  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas