Tribun Lifestyle
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Saatnya Hijrah

Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci, Begini Cara Pilih Tabungan Haji dan Umrah yang Tepat

Menabung memang menjadi salah satu cara bagi Anda yang memiliki rencana berangkat umrah atau haji. Untuk mewujudkannya pun tabungan haji menjadi jawab

BizzInsight
Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci, Begini Cara Pilih Tabungan Haji dan Umrah yang Tepat
Humas Dinkes
Kelompok terbang (kloter) pertama calon jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi, Selasa (17/7) Sebanyak 392 CJH Indonesia kloter pertama itu berasal dari Padang, Sumatera Barat yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi. 

TRIBUNNEWS.COM – Menabung memang menjadi salah satu cara bagi Anda yang memiliki rencana berangkat umrah atau haji. Untuk mewujudkannya pun tabungan haji menjadi jawabannya.

Kenapa? Sebab jenis tabungan satu ini memiliki keunggulan. Satu yang paling mencolok, Anda bisa terhubung secara online dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, sehingga memudahkan Anda untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah Haji.

Namun sayangnya, bagi masyarakat awam, memilih tabungan haji yang tepat bisa menjadi perkara yang sulit.

Apalagi kini banyak bank di Indonesia yang menawarkan tabungan haji mereka masing-masing.

Lantas apa yang harus Anda pertimbangkan? Pertama, tentukan mana jenis bank yang ingin Anda pilih.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis bank yang menawarkan tabungan haji, yakni bank konvensional dan bank syariah.

Dua bank tersebut bisa dibilang hampir mirip, tapi jika Anda dalam tahap hijrah ada baiknya memilih bank syariah, karena bebas dari unsur Maisir, Gharar, Haram dan Riba (Maghrib).

Kedua, cari tahu kelebihan masing-masing tabungan haji yang ada, seperti fitur penunjang apa saja yang bisa Anda dapatkan dan berapa setoran yang harus Anda berikan.

Contohnya seperti tabungan iB Hijrah dari Bank Muamalat, bank syariah pertama di Indonesia. Hanya bermodalkan KTP dan NPWP, serta setoran awal Rp50.000, Anda sudah bisa memiliki tabungan haji sendiri.

Bank Muamalat sendiri memiliki banyak sekali fitur penunjang ibadah haji Anda. Mulai dari kartu Shar-E debit 1hram yang memberikan kurs kompetitif saat menukar uang tunai di money changer.

Hingga setiap kali Anda bertransaksi di ATM berlogo Visa/Plus di Arab Saudi, Anda bisa menggunakan menu Bahasa Indonesia, dan gratis biaya tarik tunai maksimal 3 kali dari nominal maksimal.

Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan subsidi belanja yang berlaku di toko atau merchant berlogo VISA/Plus.

Tak hanya itu saja, demi menghindari penipuan haji dan umrah yang marak beberapa waktu lalu, Bank Muamalat bekerja sama dengan At Tayibah Al Multazam Group AAG meluncurkan Tahapan Haji dan Umrah Berencana (THUB).

“Bank merupakan institusi yang highly regulated dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu dalam program ini pihak bank dilibatkan agar dana haji dan umrah nasabah aman dan terjamin,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana

Tabungan di rekening milik pribadi jemaah nantinya akan menggunakan sistem rekening khusus.

Artinya, dana tersebut tidak dapat ditarik kecuali untuk ibadah umrah atau keadaan darurat seperti sakit keras atau meninggal dunia.

Bahkan perusahaan penyelenggara umrah pun tidak dapat menarik dana sebelum terjadi pelunasan, sehingga bisa dibilang Anda tak akan mengalami penipuan.

Soal pembayaran Damm pun, Bank Muamalat juga memberikan kemudahan. Bekerjasama dengan Al-Rajhi Bank Malaysia (ARBM), Anda dapat membayar damm terlebih dahulu sebelum berangkat ke Tanah Suci melalui fasilitas yang disediakan Bank Muamalat.

Untuk tahap awal, fasilitas ini bisa digunakan jemaah haji khusus melalui perantara penyelenggara ibadah haji khusus atau travel haji khusus.

“Bank Muamalat merupakan bank pertama yang memfasilitasi pembayaran damm untuk jemaah haji asal Indonesia sebelum tiba di Tanah Suci. Kami berharap layanan ini dapat semakin memudahkan jemaah sehingga dapat lebih khusyuk dalam beribadah,” ujar Achmad K. Permana

Tapi yang paling memudahkan, hanya dengan ATM saja, Anda bisa melunasi biaya haji tahun ini.

Caranya cukup mudah. Anda hanya datang ke ATM Bank Muamalat terdekat, memasukkan nomor porsi, dan nantinya nominal pelunasan yang harus dibayar akan muncul secara otomatis.

Seperti tak hanya ingin melayani, namun juga ingin memberi,  menabung di Bank Muamalat juga membuka kesempatan bagi Anda untuk bisa pergi umrah gratis.

Buktinya terlihat pada beberapa waktu lalu. 75 nasabah berhasil menjadi pemenang program Rezeki Haji Berkah (RHB) Bank Muamalat, dan berhak mendapatkan paket umrah gratis.

Banyaknya fasilitas dan keuntungan yang diberikan Bank Muamalat semakin membuktikan jika bank syariah pertama di Indonesia ini layak menjadi pilihan Anda untuk menabung haji dan umrah sehingga impian mengunjungi tanah suci menjadi kenyataan.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Saatnya Hijrah

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas