Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Rumah Cantik eks Lokasi Syuting Ini Hancur

Pembongkaran Rumah Cantik di kawasan elite di Jalan Cik Ditiro 62, Menteng, dipermasalahkan.

Rumah Cantik eks Lokasi Syuting Ini Hancur
Tribunnews.com/ Glery Lazuardi
Rumah Cantik di kawasan elite di Jalan Cik Ditiro 62, Menteng, dipermasalahkan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pembongkaran Rumah Cantik di kawasan elite di Jalan Cik Ditiro 62, Menteng, dipermasalahkan.

Rumah bersejarah yang sering dipakai sebagai tempat lokasi syuting itu masuk dalam kategori cagar budaya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengaudit investigasi pembongkaran rumah yang dibangun sejak 1932 itu dan mengaudit para pejabat yang ikut membongkar rumah.

Selain itu, akan dicek desain yang diajukan sehingga muncul izin mendirikan bangunan (IMB), apabila terdapat pelanggaran, maka diberikan sanksi.

Untuk memastikan pembongkaran rumah itu sesuai prosedur, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengawasai pembangunan rumah itu yang sedang dalam proses revitalisasi oleh pemiliknya.

Kepala Sektor Dinas Cipta Karya dan tata Ruang Kecamatan Menteng Cindy Pangestuti, mengaku sudah melakukan survei untuk memastikan proses pembangunan rumah cantik.

Setelah diawasi rumah ternyata sudah mengantongi IMB.

IMB diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Jakarta Pusat dengan perizinan menerangkan bangunan rumah tinggal dengan dua lantai dan satu basement.

“Revitalisasi sesuai prosedur dalam perizinan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta. Bangunan itu sudah sesuai perizinan IMB yang dikeluarkan DPM dan PTSP Jakarta Pusat, sudah sama perizinan dan bangunan di lapangan,” ujarnya, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, Pengamat Sosial dan Pembangunan Jakarta, D Rifaldi, mengatakan rumah itu tergolong cagar budaya golongan C yang bisa direvitalisasi untuk menyelamatkan bangunan lama yang sudah lapuk.

Kategori bangunan golongan C sebagai bangunan cagar budaya, kata dia, bisa dipugar dengan cara revitalisasi atau adaptasi.

Itu perlu dilakukan karena kondisi bangunan lama yang memperihatinkan, seperti atap hancur dan tembok terkelupas.

“Bangunan cagar budaya Golongan C adalah bangunan cagar budaya yang dapat dilakukan pemugaran dengan cara revitalisasi. Bangunan itu sudah merana, kalau dibiarkan makin lama makin hancur tidak tersisa, maka diselamatkan,” kata Rifaldi.

Secara prosedur, dia menambahkan, proses pembangunan rumah cantik itu tidak menyalahi aturan karena pihak pemilik sudah memperoleh surat perizinan atau IMB dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Seperti diketahui, rumah cantik itu kerap dijadikan lokasi syuting sinetron, film, iklan, dan video klip.

Diantaranya film asmara Kabut Sutra Ungu, miniseri Dunia Tanpa Koma, dan video klip Perih Cintaku.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas