Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Gubernur Baru Jakarta

Ini Program Era Jokowi-Ahok-Djarot yang Terhenti, Gagal dan Belum Rampung

Penyerapan anggaran pun lebih banyak dihabiskan untuk operasional kantor dan modal badan usaha milik daerah (BUMD).

Ini Program Era Jokowi-Ahok-Djarot yang Terhenti, Gagal dan Belum Rampung
Warta Kota/Alex Suban
Panggung terbuka menghiasi salah satu sisi Waduk Ria Rio di kawasan Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (17/10/2013) sore. Normalisasi Waduk Ria Rio termasuk pembenahan lahan terbuka di sisi waduk untuk membuat kawasan terbuka bagi interaksi warga terus dikebut. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta periode 2012-2017 akan segera selesai.

Meski begitu, ada berbagai program yang belum tuntas di periode pemerintahan yang dimulai Presiden Joko Widodo, dilanjutkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan diakhiri Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, mengatakan, salah satu pekerjaan yang belum tuntas dan menjadi catatan yakni program penanggulangan banjir.

Menurut dia, ada empat PR penanggulangan banjir yang belum diselesaikan.

Baca: 5 Fakta Jelang Pelantikan Anies-Sandi, Bongkar Kisah Seru Sampai Pesta di Balai Kota

Pertama, normalisasi waduk dan situ yang berhenti pada 2015.

"Kedua, normalisasi kali karena normalisasi kali ini masih fokus di Ciliwung, padahal mestinya dalam lima tahun ini ada empat sungai yang harus dibenahi, yaitu Pesanggrahan, Angke, dan Sunter," ujar Nirwono kepada Kompas.com, Kamis (12/10/2017).

Sejumlah pekerja melintasi jembatan gantung yang rusak di aliran Kanal Banjir Barat (KBB), Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (31/8/2014). Jembatan gantung yang nyaris amburk sejak sekitar 3 bulan yang lalu itu, kini tengah diperbaiki. Warga sekitar berharap perbaikan itu segera selesai. Warta Kota/angga bhagya nugraha
Sejumlah pekerja melintasi jembatan gantung yang rusak di aliran Kanal Banjir Barat (KBB), Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (31/8/2014). Jembatan gantung yang nyaris amburk sejak sekitar 3 bulan yang lalu itu, kini tengah diperbaiki. Warga sekitar berharap perbaikan itu segera selesai. Warta Kota/angga bhagya nugraha (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Yang ketiga, yakni perbaikan saluran air. Menurut Nirwono, saluran air yang berfungsi di DKI baru 33 persen.

Sementara yang terakhir yakni penambahan ruang terbuka hijau (RTH) yang mandek.

Kemudian terkait dengan kemiskinan dan gusur tentunya akan menjadi tantangan gubernur baru dengan konsepnya membangun tanpa menggusur.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas