Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Gubernur Baru Jakarta

Uji Coba Teknologi VR Berhasil, 30 Kacamata Siap untuk Pelantikan

"Tiga titik pengambilan gambar VR sudah dicoba dan hasilnya memuaskan. “Nanti minggu akan ada gladi lagi,” ujar dia.

Uji Coba Teknologi VR Berhasil, 30 Kacamata Siap untuk Pelantikan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan melakukan fitting baju dinas di Kawasan Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017). Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melakukan fitting baju dinas dan melakukan sesi pemotretan jelang pelantikannya pada 16 oktober mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno rencananya juga akan menggunakan teknologi virtual reality (VR). Jumlah googles atau kacamata VR yang digunakan pun ditambah menjadi 30 buah.

Sehingga semakin banyak warga yang bisa berpartisipasi.

Tim Komunikasi Anies-Sandi Naufal Firman Yursak mengatakan, rencananya ada 30 googles itu akan disebar di Balai Kota dan di 12 titik lainnya. penggunaan teknologi VR tersebut salah satunya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati momen bersejarah tersebut.

“Nanti titiknya akan diumumkan,” ujarnya, Jumat (13/10/2017).

Memang, lanjut dia, penggunaan VR itu hanya ada 12 titik saja di seluruh Jakarta. Hal itu bukan semata-mata hanya mengakomodasi di titik-titik tertentu. Namun karena alat googles tersebut hanya ada 30 item saja. “Kalau bisa lebih, tentu akan banyak,” terangnya.

Baca: Lengser dari Jabatan Gubernur Jakarta, Ini Rencana Djarot Selanjutnya

Hari ini, lanjut Naufal, sudah dilakukan uji coba. Tiga titik pengambilan gambar VR sudah dicoba dan hasilnya memuaskan. “Nanti minggu akan ada gladi lagi,” ujar dia.

VR adalah teknologi dengan media berbentuk mirip helm setengah wajah yang memproyeksikan video secara empat dimensi. Pemakainya seakan-akan seperti berada di tempat lain, sesuai dengan apa yang diproyeksikan video.

Selain dengan teknologi VR, sambung Naufal, pihaknya juga menyediakan layar yang mempertontonkan siaran langsung pelantikan. "Ini supaya semua warga di seluruh DKI bisa nonton bareng," urainya.

Di 12 titik tersebut, warga disediakan satu virtual corner yang terdapat satu unit goglasses, headset, beserta devicenya. Sejumlah 12 titik tersebut dipilih berdasarkan kemudahan akses dan jaringan. Namun, saat ini belum ditentukan titik yang akan difasilitasi.

Jika wilayahnya tidak turut menjadi lokasi yang difasilitasi, warga bisa menyaksikan lewat website dan aplikasi yang telah disediakan tim Anies-Sandi. Aplikasi itu dapat diunduh di app store masing-masing. Fasilitas ini bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sebenarnya ada dua cara. Bisa akses web dan apps. Apps dan web di smarteyes.id. Nanti disiarkan live dari situ sampai prosesi selesai. Sudah bisa diakses sekarang," ujar Founder Smarteyes Edwin Pirwandesi.

Ketua Tim Pakar Smart City Anies-Sandi, Arie Mufti menjelaskan 3 kamera 360 derajat akan disiapkan pada tiga titik lokasi di Balai Kota. Ketiganya akan merekam suasana saat Sertijab untuk disiarkan di luar lokasi menggunakan platform virtual reality. Sementara di luar Balai Kota, ada 12 titik lain yang akan direkam suasananya.

"Kamera ini akan merekam secara live momen-momen penting. Kami tidak akan melakukan zoom, wide angle, tapi di titik dimana bisa terlihat semua kejadian di ruangan. Termausk penonton, langit-langit, dan momen-momen penting seperti serah terima dan pidato," katanya. 

Penulis:  Yulis Sulistyawan

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas