Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Gubernur Baru Jakarta

Anies Kaget Saat Tahu MA Cabut Pergub Larangan Motor di MH Thamrin

Baginya putusan itu bukan hanya sekadar kabar baik namun juga menggambarkan prinsip keadilan.

Anies Kaget Saat Tahu MA Cabut Pergub Larangan Motor di MH Thamrin
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas melakukan uji coba dan sosialisasi terhadap pengendara sepeda motor di JalanThamrin, Bunderan HI, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014). Uji Coba dan sosialisasi tersebut dilakukan guna menerapkan larangan dan sistem pengalihan arus bagi pengendara sepeda motor yang akan melintas di kawasan MH Thamrin hingga Jalan Merdeka Barat, uji coba tersebut berlangsung dari 17 Desember - 17 Januari 2015. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA 

TRIBUNNEWS.COM,SERANG - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku kaget saat mengetahui adanya putusan Mahkamah Agung terkait dicabutnya Pergub larangan motor melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Haah. Kalau MA memutuskan (dicabutnya larangan motor di MH Thamrin) ya pasti ditaati dong," ujar Anies di pendopo Gubernur Banten, Senin (8/1/2018).

Ujar Anies, saat ini, pihaknya belum bisa mengambil langkah lanjutan terkait keputusan MA itu.

"Nanti kita lihat, kan baru keluar ya putusannya. putusannya sama enggak dengan ide kita," ucap Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Pemerintahan Joko Widodo itu.

Ia pun menyambut baik putusan MA. Baginya putusan itu bukan hanya sekadar kabar baik namun juga menggambarkan prinsip keadilan.

"Dari kemarin kan kita sudah sampaikan, kita ingin agar ada kesetaraan kesempatan, Jakarta ini bukan milik sebagian orang, Jakarta ini milik semuanya. karena itu kesempatannya harus setara dan keputusan MA membuat apa yang selama ini menjadi ide kita dikuatkan.

Baca: ICW Nobatkan Najwa Shihab Sebagai Tokoh Publik Anti-Korupsi 2017

Lebih lanjut, Anies mengatakan siap melaksanakan keputusan MA sesegera mungkin agar masyarakat dapat kembali melintas di sekitaran MH Thamrin.

"Sesegera mungkin, kalau dari MA memutuskan, ya kita laksanakan," ujar Anies.

Diketahui sebelumnya, Mahkamah Agung mencabut Peraturan Gubernur terkait larangan sepeda motor melintas di jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Dalam salinan putusan, Ketua Majelis Hakim Irfan Fachrudin mengatakan kebijakan itu bertentangan dengan undang-undang.

Hakim Irfan berpendapat kebijakan itu bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu Pasal 133 ayat 1 Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Fachrudin menambahkan pelarangan motor masuk Jalan MH.Thamrin tak sesuai Pasal 11 UU No. 39/ 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

Kebijakan itu juga bertentangan dengan Pasal 5 dan 6 UU No. 12/ 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

"Pergub Nomor 141 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan Nomor 195 Tahun 2014 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," kata Fachrudin dikutip dari salinan putusannya, Senin (8/1/2018).

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#Gubernur Baru Jakarta

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas