Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Polisi Sarankan Anies Segera Buat Pergub Pembatasan Sepeda Motor Dengan Sistem Ganjil Genap

"Jadi pemberlakuan pelarangan sepeda motor berdasarkan pergub (lama) itu diganti dengan ganjil genap,"

Polisi Sarankan Anies Segera Buat Pergub Pembatasan Sepeda Motor Dengan Sistem Ganjil Genap
Tribunnews.com/Dennis
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) membatalkan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor di Jalan MH Thamrin.
Putusan itu tertuang dalam Putusan MA Nomor 57 P/HUM/2017.

Meski begitu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra menyarankan agar pelarangan diganti dengan pembatasan yakni dengan cara memberlakukan sistem ganjil genap yang selama ini diterapkan terhadap kendaraan roda empat.

Baca: Pemeran Wanita Dalam Video Adegan Panas Bersama Bocah Hamil 6 Bulan

"Jadi pemberlakuan pelarangan sepeda motor berdasarkan pergub (lama) itu diganti dengan ganjil genap," kata Halim di acara FGD di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, meskipun peraturan pelarangan sepeda motor sudah dicabut, tidak serta merta kendaraan roda dua semua dibolehkan langsung melintas di Jalan MH Thamrin.

"Adanya pencabutan tersebut saya harapkan pemerintah juga mengganti pergubnya dengan ganjil genap," ujarnya.

Baca: Kematian Wanita Bercadar di Halaman Masjid Masih Misteri, Asal Suara Benturan Ternyata Dari Ini

Hal itu berdasarkan kajian yang dilakukan pihaknya sejak kendaraan roda dua dilarang melewati Jalan MH Thamrin, sejak Gubernur DKI Jakarta masih dipimpin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada tahun 2014.

Ia mengatakan adanya pembatasan sepeda motor saat itu guna mengalihkan masyarakat pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

"Sejak ada pembatasan sepeda motor, tingkat kecelakaan berkurang karena otomatis sepeda motor dilarang melewati, dibandingkan ruas yang lain," katanya.

Baca: Bupati Hulu Sungai Tengah Nikahi Wanita Muda Sepekan Sebelum Ditangkap KPK

Selain itu, masih terdapat pro dan kontra dari sejumlah pihak terkait pembatalan pergub, sebagai jalan tengah, Dirlantas menyarankan agar ganjil genap diterapkan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI.

"Memang di forum ini ada pro dan kontra, jadi kami sarankan tidak serta merta meloloskan pesepeda motor di Jalan MH Thamrin sampai Bundaran HI. Kami sarankan pemerintah untuk langsung membuat Pergub baru pembatasan dengan ganjil genap," ucap Halim.

Penulis: Rangga Baskoro

Berita ini sudah dimuat di wartakotalive.com dengan judul: Polisi Sarankan Anies Baswedan Segera Bikin Pergub Pembatasan Motor Pakai Sistem Ganjil Genap

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas