Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Asian Games 2018

Selama Asian Games, 35 Masjid Dilarang Menampung dan Memotong Hewan

Anies berharap masyarakat dapat memahami ketentuan dari EDFZ yang merupakan syarat dari penyelenggsraan Asian Games lomba berkuda.

Selama Asian Games, 35 Masjid Dilarang Menampung dan Memotong Hewan
KOMPAS.com/ Junaedi
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Wahyu Firmansyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terdapat 35 masjid di sekitar arena Jakarta Equestrian Park terdampak larangan penampungan dan pemotongan hewan selama gelaran Asian Games 2018.

Larangan tersebut dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menurutnya pelarangan ini sudah lama disosialisasikan sejak lama kepada Walikota dan Camat.

Sosialisasi ini dikeluarkan dalam Ingub no 123 tahun 2017 tentang pengendalian penampungan dan pemotongan hewan dengan radius satu kilometer dari Equestrian venue Pulomas dalam rangka dukungan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Baca: Pelihara King Kobra, Rizki Malah Dipatuk Hingga Koma

Baca: Pembunuh Budianto Ditangkap, Mengaku Sempat Berhubungan Sesama Jenis Sebelum Dieksekusi

"Itu sudah di sosialisasikan sejak lama. sudah sejak lama walikota, camat, menyampaikan bahwa, masyarakat sudah tau itu," ujar Anies di Pancoran, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Pelarang tersebut dikarenakan lokasinya yang berada dalam radius satu kilometer dari Jakarta Equestrian Park sesuai ketentuan EDFZ (Equine Disease Free Zone).

EDFZ sendiri merupakan syarat mutlak menggelar Asian Games bagi penyelenggara perlombaan berkuda yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan hewan dunia (OIE).

"Karena disana ada equistrian yang kuda-kudanya memiliki sensitivitas dan aturan tentang binatang yang berada disekitar sana sangat ketat," katanya.

Anies berharap masyarakat dapat memahami ketentuan dari EDFZ yang merupakan syarat dari penyelenggsraan Asian Games lomba berkuda.

"Jadi memang sudah disampaikan lama dan alhamdulillah sejauh ini sosialisasinya berlangsung baik dan kami berharap masyarakat memahami karena ini bukan sesuatu yang terjadi tiap tahun," katanya.

35 masjid itu tersebar di enam kelurahan di sekitar Jakarta Timur dan Jakarta Utara, yakni Kelurahan Kayu Putih, Kelurahan Rawamangun, Kelurahan Pulo Gadung, Kelurahan Jati, Kelurahan Kelapa Gading Barat, dan Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas