Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pria Ditangkap Polisi, Ketahuan Bobol ATM Pakai Pengait Pancingan dan Saklar

Z, diketahui salah satu kelompok pembobol ATM yang hanya menggunakan saklar, pengait dari pancingan ikan, dan penjepit panjang

Pria Ditangkap Polisi, Ketahuan Bobol ATM Pakai Pengait Pancingan dan Saklar
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, AKP Josman Harianja, menggelar konferensi pers terkait aksi pembobolan sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI di Jalan Raya Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polsek Kebon Jeruk membekuk Z (25), pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI di Jalan Raya Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (7/10/2018), malam.

Z, diketahui salah satu kelompok pembobol ATM yang hanya menggunakan saklar, pengait dari pancingan ikan, dan penjepit panjang.

Baca: 6 Bulan Setelah Resmi Bercerai dari Ahok, Begini Penampilan Veronica Tan Sekarang

"Z ini, tugasnya memantau suasana di tempat rekan-rekannya beraksi. Rekan-rekannya, ialah R dan A yang kini masih buron. Pengakuannya Z, aksi pembobolan ATM sendiri hanya gunakan peralatan sederhana, yaitu saklar, pengait dari pancingan ikan dan penjepit panjang sekitaran 40 sentimeteran lebih," paparnya AKP Josman Harianja sebagai Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, Jumat (12/10/2018).

Ia mengatakan, aksi kelompok pembobol ATM ini sering dilakukan di malam hari.

Kawanan penjahat itu melakukan aksinya dengan modus mematikan bagian saklar mesin ATM tersebut.

"Mereka bertigaan beraksi. Pengakuan Z sebut baru pertama kalinya beraksi. Tapi soal modus kasus ini dengan cara menggunakan saklar, di mesin ATM. Jadi, kedua pelaku (R dan A) yang secara bergantian melakukan transaksi ambil uang di mesin ATM. Ketika uang dalam proses keluar kelistrikan mesin ATM dimatikan pelaku mendadak," katanya.

"Sehingga, transaksi juga batal dan uang yang ada di ATM Card tak berkurang. Namun, untuk uang yang ada di brankas mesin ATM, ternyata sudah keluar. Mereka sebelumnya, memasang saklar tambahan sehingga bebas menyalakan dan mematikan power utama mesin ATM-nya," tambahnya.

Dengan menggunakan alat pengait uang yang dari pancingan ikan, beserta penjepit panjang uang tersebut ditarik dengan mudah.

Josman menerangkaN kembali, hal itu secara bergantian dilakukan oleh para pelaku.

"Pengambilan atau penarikan uang di ATM itu pelaku berhasil bawa uang dengan jumlah Rp 2 Juta. Mereka, beraksi di tempat sama, serta dilakukan berulang kali sekitaran pukul 03.00 - 21.00 WIB dalam satu hari," jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas