Tribunnews.com

Mahkamah Konstitusi Pilih Ketua Baru

Rabu, 3 April 2013 12:02 WIB
Mahkamah Konstitusi Pilih Ketua Baru
NET

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar Rapat Pleno Pemilihan Ketua MK Periode 2013-2015, Rabu (3/4/2013).

Pemilihan ketua baru dilakukan, setelah masa jabatan Mahfud MD berakhir sejak 1 April 2013. Berdasarkan pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK, ketua MK dipilih dari dan oleh para hakim konstitusi, yang dimusyawarahkan secara tertutup oleh sembilan hakim konstitusi.

Sembilan hakim konstitusi tersebut adalah Achmad Sodiki, Harjono, Akil Mochtar, Maria Farida Indarti, Muhammad Alim, Ahmad Fadli Sumadi, Hamdan Zoelva, dan Anwar Usman.

Dalam pemilihan, setiap hakim konstitusi berhak mencalonkan dan dicalonkan sebagai ketua. Proses pemilihan ketua bisa dilakukan sekurang-kurangnya oleh tujuh hakim konstitusi. Jika tidak kuorum, rapat pemusyawaratan ditunda selama dua jam.

Jika masih tidak memenuhi kuorum, rapat pemilihan ketua MK tetap dilakukan, berapapun hakim konstitusi yang hadir. Jika musyawarah tidak mencapai kesepakatan bulat (aklamasi), keputusan pemilihan ketua diambil dengan cara voting, dalam rapat pleno terbuka untuk umum.

Ketua MK yang baru akan menjabat selama dua tahun enam bulan, terkait revisi UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK.

Sebelum revisi, masa jabatan ketua dan wakil ketua adalah tiga tahun, dan dapat dipilih kembali untuk satu periode. (*)

0 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved