Tribunnews.com

Bulan dan Bintang Belum Tentu Bendera Aceh

Kamis, 4 April 2013 16:51 WIB
Bulan dan Bintang Belum Tentu Bendera Aceh
SERAMBI Indonesia/BUDI FATRIA
Warga mengibarkan Bendera Aceh saat konvoi keliling Kota Banda Aceh, Senin (1/4/2013). Massa yang datang dari beberapa kabupaten di Aceh tersebut meminta Mendagri dan Presiden RI untuk tidak membatalkan penggunaan Lambang dan Bendera Daerah Aceh. (SERAMBI Indonesia/BUDI FATRIA) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Senior Advisor Kemitraan, Ramlan Surbakti, menilai lambang bulan dan bintang belum bisa disebut bendera Aceh.

Itu disebabkan adanya penolakan beberapa daerah di Aceh terhadap bendera yang identik dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu.

"Masalahnya realitas masyarakat Aceh tidak homogen. Gayo dan daerah lainnya sudah keberatan. Mereka menaikkan bendera merah putih," ujar Ramlan kepada wartawan di Hotel Akmani, Jakarta, Rabu (4/4/2013)

Ramlan pun menyarankan agar pemerintah daerah Aceh dan pemerintah pusat tidak terjebak mengenai permasalahan bendera sementara permasalahan yang lebih penting terlupakan.

"Intinya bagaimana membangun Aceh demi kesejahteraan Aceh. Ada yang lebih penting lagi (dibandingkan bendera). Ini yang harus dipikirkan gubernur dan DPRD Aceh," tukas Ramlan.

Sebelumnya, bendera bulan bintang dan lambang daerah (singa burak) sudah sah dan dapat digunakan secara luas di berbagai lintas instansi pemerintah dan vertikal serta lembaga lainnya di Aceh.

Penggunaan bendera dan lambang Aceh ini mulai berlaku terhitung 25 Maret 2013 setelah Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah meneken Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh, Senin pagi, 25 Maret 2013.

2 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
  • bahlul-Sabtu, 6 April 2013 Laporkan
    Yang menolak bendera Aceh hanya.....bibit2 para transmigran yg disebar tahun 70an dan kini telah besar....menjadi duri dalam daging. Logisnya, selama masih dalam bingkai NKRI mau bendera apa aja dikibar....ya silaken, gitu aja kok repot....kehkehkehkeh...
  • wiji tukhul-Kamis, 4 April 2013 Laporkan
    adanya penolakan menunjukkan kebijakan bendera eks gam sebagai bendera aceh bukan sepenuhnya tuntutan rakyat aceh, melainkan hanya segelintir orang saja...eks gam yang duduk di dpra dan eksekutif...mereka juga tidak berpikir panjang untku masyarakat aceh
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved