Tribunnews.com

TII: Demokrat, Golkar dan PKS Pendanaan Partai Tidak Transparan

Selasa, 16 April 2013 14:58 WIB
TII: Demokrat, Golkar dan PKS Pendanaan Partai Tidak Transparan
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA--Transparancy International Indonesia (TII) mengungkap, Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kurang kooperatif dalam proses survey transparansi pendanaan partai.

Survey tersebut dilakukan pada 9 parpol yang ada duduk di DPR RI.

"Dari respon sembilan partai terhadap transparansi dananya, tiga partai kurang kooperatif. Mereka adalah Demokrat, Golkar dan PKS," kata Dadang Trisasongko, Sekretaris Jenderal TII dalam konferensi pers hasil survey TII Soal Pendanaan Parpol di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Dadang menuturkan, padahal Partai Demokrat dan Golkar merupakan partai dengan banyak kursi di DPR RI, dan PKS yang merupakan partai dengan kursi sedang di DPR RI. Namun demikian, partai tersebut kurang ataupun tidak kooperatif.

"Dalam hal informasi yang wajib tersedia, rata-rata partai politik belum transparan," kata Dadang.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, partai-partai politik harus meningkatkan transparansi sebagaimana diamanatkan Undang-undang No. 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik.

Kemudian, Permendagri 24 Tahun 2009, Permendagri 59 Tahun 2007, dan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Partai yang dikelola secara tidak transparan dan akuntabel akan melahirkan calon-calon pemimpin yang korup. Jika ini terjadi, maka demokrasi hanya memberikan kekuasaan kepada mereka yang bisa melakukan korupsi," pungkasnya.

1 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
  • adit-Kamis, 18 April 2013 Laporkan
    wah, tulisan beritanya kok setengah aja??
    di detik.com lengkap tuh, ada pernyataan sekjen PKS menanggapi hasil survey!

    isi berita padahal sama aja, cuman yg ini "dipotong" setengahnya!

    malu2in aja..
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved