Tribunnews.com

PDIP Setuju Jabatan Kapolri Dilelang

Senin, 22 April 2013 21:28 WIB
PDIP Setuju Jabatan Kapolri Dilelang
TRIBUN
Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Ahmad Basarah setuju jika jabatan Kapolri pengganti Jenderal (Pol) Timur Pradopo dilelang. Wacana lelang jabatan Kapolri diutarakan oleh Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna.

"Saya setuju kalau lelang jabatan Kapolri yang akan datang dengan cara memilih siapa calon kapolri yang menawarkan program paling maksimal," kata Basarah ketika dihubungi, Senin (22/4/2013).

Wasekjen PDIP itu menjelaskan lelang jabatan itu harus tetap dalam kerangka aturan main yang telah digariskan UU dan peraturan perundang-undangan lainnya. "Penyampaian janji-janji program calon Kapolri tersebut harus disampaikan pada saat yang bersangkutan menjalani fit dan proper test di DPR," kata Basarah.

Ia mengatakan dalam penyampaian janji program-program tersebut juga harus diikuti oleh konsekuensi mundur dari jabatannya secara sukarela jika calon Kapolri terpilih gagal menjalankan tugasnya.

"Calon yang terbaik menyampaikan program-programnya itulah yang dapat dipilih secara aklamasi  untuk menjadi Kapolri," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Basarah, presiden harus mengirimkan nama-nama calon Kapolri kepada DPR lebih dari satu orang.

"Dengan demikian, Komisi III DPR punya pilihan untuk memilih siapa calon kapolri yang terbaik," tukasnya.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna melempar wacana lelang jabatan. Nanan masih enggan menyebut siapa saja nama calon pengganti Jenderal Timur. Menurutnya, para calon Kapolri memiliki peluang yang sama.

"Ya dilihat yang lebih baik siapa, yang lebih pantas, saya berharap lebih terbuka. Apa perlu dilelang? Silakan dilelang, kan jaman lelang sekarang ini," kata Nanan di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Nanan menyebutkan  hingga saat ini Dewan Kebijakan Tinggi belum memutuskan nama yang pasti dari hasil rapat yang digelar. "Ya belum ada," ujarnya.

2 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
  • Iwan Kisam-Selasa, 23 April 2013 Laporkan
    Paling juga nanti disetujui, walau diawalnya bekoar, supaya presiden ngrimkann nama lebih dari satu, nyatanya....... salah satunya, untuk mengganti Gub BI, meski yg diusul cuma Martowardoyo, tokh ! "DPR yth" enjoy2 saja n langsung setuju n oke !
  • warno suwarno-Selasa, 23 April 2013 Laporkan
    ketum PDIP juga layak dilelang. masa dari dulu liat megawatiiiiiiiii terus.... bosen ah. udah klo pidato sering teriak2, nyalahin orang lain suka nangis terisak dan isinya cuma retorika2 demi wong cilik tapi anak buahnya kelakuannya banyak yg rugikan won
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved