Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bunuh Diri

Polisi Diminta Tutup Akun Facebook Pria yang Gantung Diri

Reza Indragiri Amriel, Kabid Pemenuhan Hak Anak, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia angkat suara terkait fenomena ini.

Polisi Diminta Tutup Akun Facebook Pria yang Gantung Diri
Facebook
Warga Jagakarsa Siarkan Langsung Video Bunuh Diri di Facebook 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seorang pria membuat heboh pengguna media sosial setelah menampilkan aksi gantung diri yang disiarkan langsung melalui akun Facebooknya.

Sebelum mengakhiri hidupnya, pria itu membuat dua kali siaran langsung.

Reza Indragiri Amriel, Kabid. Pemenuhan Hak Anak, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Indonesia angkat suara terkait fenomena ini.

"Saya sejujurnya bertanya, apa yang dilakukan oleh teman-teman pelaku pada saat aksi tersebut berlangsung? Jangan-jangan ini wujud bystander effect, yakni semakin banyak orang melihat kejadian tragis, semakin rendah kecenderungan orang untuk menolong. Dulu bystander effect terjadi di dunia nyata. Sekarang terjadi di dunia maya?"

Reza juga mengingatkan agar masyarakat tidak perlu menonton aksi tersebut lantaran bisa memicu aksi serupa di kemudian hari.

"Bisa saja orang yang mengakhiri hidupnya bukan karena depresi kronis, tapi lebih karena kurang wawasan dan terinspirasi oleh aksi yang pernah ditonton sebelumnya (peniruan)."

Ia berharap, demi kepentingan umum, polisi segera menutup akun tersebut karena dikhawatirkan aksi ini akan ditiru.

"Kita boleh bersedih, merasa kehilangan. Tapi demi kepentingan bersama, pesan yang perlu kita garis bawahi adalah aksi tersebut salah! Salah! Salah! Jangan ditiru! Bukan menyelesaikan masalah! Justru memperlebar dan menularkan masalah," tandasnya.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas