Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bayi Debora Meninggal

Hanya Berbuah Sanksi Teguran, DPR Tak Puas Hasil Investigasi Kemenkes terhadap RS Mitra Keluarga

"Yang dilaporkan ini kelihatannya masih fokus pada persoalan administratif. Semestinya, investigasi bisa masuk pada persoalan implementasi UU."

Hanya Berbuah Sanksi Teguran, DPR Tak Puas Hasil Investigasi Kemenkes terhadap RS Mitra Keluarga
KOMPAS IMAGES/NIBRAS NADA N
RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan dirinya tidak puas dengan hasil investigasi dari Kementerian Kesehatan terkait kasus kematian bayi bernama Tiara Deborah.

Deborah meninggal akibat terlambatnya mendapatkan penanganan di IGD Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres.

Saleh menjelaskan, Kemenkes belum terfokus pada pelanggaran UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, khususnya pada Pasal 32 ayat 1 dan Pasal 190 ayat 1. Dua pasal tersebut mengatur tentang penanganan kesehatan kepada masyarakat dalam kondisi darurat.

"Yang dilaporkan ini kelihatannya masih fokus pada persoalan administratif. Semestinya, investigasi bisa masuk pada persoalan implementasi UU," kata Saleh lewat keterangan yang diterima, Kamis (14/9/2017).

Diketahui Pasal 32 ayat 1 menyebutkan 'Dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta, wajib memberikan pelayanan kesehatan bagi penyelamatan nyawa pasien dan pencegahan kecacatan terlebih dahulu'.

Sementara Pasal 190 ayat 1 menyebutkan, "Pimpinan pelayanan kesehatan dan/atau tenaga kesehatan yang dengan sengaja tidak memberikan pertolongan pertama terhadap pasien yang dalam keadaan gawat darurat dapat dipidana dua tahun penjara dan denda Rp200 juta".

Namun, Saleh mengapresiasi Kemenkes yang melaporkan hasil investigasinya dalam 2x24 jam, seperti yang dimintakan Komisi IX.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga berharap hasil investigasi ini ada tindak lanjutnya.

"Kami akan mempelajari dulu hasil investigasi ini. Jika ada hal yang dianggap belum memuaskan, tentu komisi IX nanti akan meminta untuk dilakukan tindakan yang dibutuhkan," kata Saleh.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas