Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Quraish Shihab Tidak Yakin PKI Bangkit lagi

Cendekiawan muslim, Quraish Shihab, menyebut bahwa kini Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak memiliki kekuatan lagi di tanah air.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Quraish Shihab Tidak Yakin PKI Bangkit lagi
Net
Prof Muhammad Quraish Shihab 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cendekiawan muslim, Quraish Shihab, menyebut bahwa kini Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak memiliki kekuatan lagi di tanah air.

Pasalnya, menurut Quraish bangsa Indonesia sudah mengetahui sejarah untuk tidak lagi membangkitkan PKI.

"Sekarang saya tidak menduga mereka punya kekuatan ya. Pasti dimana-mana ada sih, setan dimana-mana ada, tapi apakah itu sedemikian besar, sedemikian ini saya juga tidak. Bangsa Indonesia sudah cukup dewasa untuk mengenal," ujar Quraish kepada wartawan di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2017).

Baca: Dituduh PKI, Partai Solidaritas Indonesia Laporkan Sejumlah Medsos ke Bareskrim Polri

Quraish mengungkapkan bahwa sulit bagi PKI untuk terbentuk kembali. Namun dirinya tidak membantah jika ada orang yang berpaham komunis.

"Partai jelas tidak ada, partai terlarang, partai terlarang tidak mungkin ada ya kan. Jadi kalau ada orang-orang yang menganut faham itu, ada orang yang dendam ya pasti ada dong," tambah Quraish.

BERITA REKOMENDASI

Ayahanda dari presenter Najwa Shihab ini mengajak bangsa Indonesia untuk tidak menghabiskan energi dalam membahas polemik ini.

Meski dirinya mengajak masyarakat untuk tetap waspada terhadap paham komunisme.

"Ya mari kita bersatu mempertahankan NKRI, mempertahankan Pancasila, dengan ajakan begitu dengan sambutan masyarakat seperti itu saya kira tidak akan ada suatu kekuatan yang anti Pancasila," tegas Quraish. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas