Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Anggota DPRD Yogyakarta: Rakyat Patut Lega Usai Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur

Pelantikan yang juga dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Yogyakarta dan DPRD Yogyakarta itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya

Anggota DPRD Yogyakarta: Rakyat Patut Lega Usai Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X usai acara pengucapan sumpah jabatan pada pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10/2017). Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk periode 2017-2022 Sesuai dengan UU Keistimewaan DIY. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Prosesi pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur Yogyakarta telah dilaksanakan di Istana Negara Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Prosesi pelantikan yang langsung dipimpin Presiden Joko Widodo diawali dengan kirab menuju Istana Negara.

Baca: Pria Parkir Mobil Sembarangan Karena Telat Janjian, Sadari Hal Mengerikan Ini saat Pulang!

Dalam kirab tersebut Presiden Jokowi, Sri Sultan HB X, KGPAA Paku Alam X, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berjalan berdampingan diikuti pasukan kehormatan Paspampres yang mengenakan pakaian merah putih.

Pelantikan yang juga dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Yogyakarta dan DPRD Yogyakarta itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Keputusan Presiden (Keppres), dan diikuti sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X.

Usai pelantikan, Ketua Komisi A DPRD Yogyakarta dari Fraksi PDIP, Eko Suwanto mengatakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur ini semakin menegaskan peran penting Yogyakarta dalam menjaga kebudayaan nasional.

"Yogyakarta harus berpartisipasi dalam 'nation and character building' bagi bangsa Indonesia. Semoga rakyat Yogyakarta bersama rakyat Indonesia lainnya bisa mewujudkan kesejahteraan bersama yang dicita-citakan."

"Yogyakarta harus menjadi pelopor persatuan dan pelopor pelaksanaan Pancasila baik kebijakan maupun dalam kehidupan sehari-hari," ujar Eko Suwanto.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta untuk periode 2017-2022 itu tertuang dalam Keppres Nomor 107/P Tahun 2017.

Usai pelantikan Presiden Jokowi menyalami dan berfoto bersama anggota DPRD dan jajaran Pemprov Yogyakarta serta Mendagri dan Mensekneg Praktikno.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas