Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak

Polisi: Kampanye Hitam di Dunia Maya Mulai Menjamur Jelang Pilkada

Irwansyah mengungkapkan bahwa intensitas pertumbuhan aktivitas kampanye hitam tersebut relatif sama di daerah yang akan mengadakan Pilkada.

Polisi: Kampanye Hitam di Dunia Maya Mulai Menjamur Jelang Pilkada
net
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski proses Pilkada 2018 baru memasuki tahap pendaftaran, namun berdasarkan pantauan tim Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri aktivitas kampanye hitam melalui dunia maya sudah mulai meningkat.

"Menurut saya walaupun belum masuk tahapan (Pilkada) tapi sudah mulai (kampanye hitam), sudah banyak. Baik itu secara langsung atau tidak langsung," ungkap Kanit II Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Irwansyah di Bareskrim Siber, Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Baca: KPK Dalami Apakah Keluarga Setya Novanto Terlibat di Drama Halangi Penyidikan

Irwansyah mengungkapkan bahwa intensitas pertumbuhan aktivitas kampanye hitam tersebut relatif sama di daerah yang akan mengadakan Pilkada.

"Hampir sama ya, provinsi yang melakukan Pilkada hingga Kabupaten/Kota sudah ada," jelas Irwansyah.

Saat ini tim penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri masih melakukan penyelidikan terhadap konten-konten kampanye hitam tersebut.

Saat ini penyidik masih mengumpulkan serta menganalisa konten-konten yang bermuatan kampanye hitam. Mengingat kampanye hitam dapat masuk dalam delik aduan atau pidana murni.

"Kita sudah ada nih konten seperti ini. Tapi kita selidiki dulu, orangnya dimana segala macem. Jadi nanti ketika nanti masuk delik aduan, ketika ada aduan langsung kita tindak lanjut," ujar Irwansyah. 

Pada tahun ini, 171 daerah (provinsi dan kabupaten/kota) akan menggelar Pilkada. Berdasarkan analisis Polri ada lima daerah yang dinyatakan rawan konflik.

Daerah rawan tersebut diantaranya Sumatera Utara, Papua, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan. 

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas