Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Hak Angket KPK

Empat Rekomendasi Pansus Angket DPR untuk KPK

Adapun rekomendasi Pansus angket DPR terhadap KPK tersebut meliputi empat hal.

Empat Rekomendasi Pansus Angket DPR untuk KPK
KOMPAS IMAGES
Agun Gunandjar Sudarsa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Khusus ( Pansus) Angket DPR untuk KPK membacakan laporan akhir kerjanya dalam sidang paripurna, Rabu, (14/2/2018).

Dalam laporannya tersebut, Ketua Pansus angket Agun Gunandjar Sudarsa membacakan rekomendasi Pansus terhadap KPK sebagai hasil kerjanya selama ini.

Adapun rekomendasi Pansus angket DPR terhadap KPK tersebut meliputi empat hal.

Pertama yakni aspek kelembagaan, aspek kewenangan, aspek anggaran, dan aspek tata kelola SDM.

‎"Rekomendasi ini agar ditindaklanjuti oleh KPK serta lembaga penegak hukum lainnya yang terkait sesuai dengan kewenangan masing-masing, sebagai berikut," katanya.

Baca: Reaksi KPU Dengar Calon Kepala Daerah Kembali di OTT KPK

Adapun rekomendasi dalam aspek kelembagaan meliputi:

1. kepada KPK untuk menyempurnakan struktur organisasi KPK agar mencerminkan tugas dan kewenangan KPK sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang meliputi koordinasi, supervisi, penindakan, pencegahan, dan monitoring.

2. Kepada KPK untuk meningkatkan kerja sama dengan lembaga penegak hukum serta lembaga lainnya seperti BPK, LPSK, PPATK, Komnas-HAM, pihak perbankan dalam menjalankan kewenangannya agar upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara optimal, terintegrasi, dan bersinergi dengan baik.

3. Kepada KPK disarankan melalui mekanisme yang diatur sendiri oleh KPK membentuk lembaga pengawas independen yang beranggotakan dari unsur internal KPK dan eksternal yang berasal dari tokoh-tokoh yang berintegritas dalam kerangka terciptanya check and balances.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas