Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Adisutjipto Nekat Terbangkan Pesawat Rongsokan untuk Bakar Semangat Juang Warga Yogyakarta

Kekuatan udara TNI AU yang di awal tahun 2018 ini diperkuat oleh 24 unit jet tempur F-16 C/D benar-benar menjadi sangat perkasa

Adisutjipto Nekat Terbangkan Pesawat Rongsokan untuk Bakar Semangat Juang Warga Yogyakarta
Dok TNI AU
Pesawat Cureng yang sudah dicat ulang oleh TNI AU Editor: dik 

TRIBUNNEWS.COM - Kekuatan udara TNI AU yang di awal tahun 2018 ini diperkuat oleh 24 unit jet tempur F-16 C/D benar-benar menjadi sangat perkasa jika dikaitkan dengan sejarah penerbangan TNI AU

Pasalnya untuk memiliki pesawat yang bisa diterbangkan pilot-pilot TKR-Jawatan Penerbangan (1945) , awalnya menggunakan pesawat-pesawat rongsokan peninggalan Jepang dan modal nekat. 

Setelah pasukan Jepang menyerah kepada Sekutu dan meninggalkan Indonesia, ternyata tidak ada satu pun pesawat-pesawar tempur Jepang yang kemudian ditinggalkan masih bisa terbang. 

Pesawat-pesawat Jepang yang sudah rusak dan tidak bisa terbang seperti pesawat jenis Cureng dan Guntai, antara lain ditinggalkan di lapangan udara Maguwo, Yogyakarta selanjutnya dicoba diperbaiki oleh para teknisi TKR. 

Mesinnya dibongkar total dan semua komponen-komponen diperiksa. Komponen yang rusak diganti menggunakan komponen mesin lainnya secara kanibal. 

Setelah semua komponen mesin tersusun kembali, mesin pun coba dihidupkan di darat dan ternyata berhasil. 

Bahan bakar untuk  menghidupkan mesin menggunakan bahan bakar peninggalan pasukan Jepang yang masih tersimpan di drum-drum demikian juga olinya. 

Hidupnya mesin pesawat Cureng  jelas merupakan prestasi luar biasa saat itu.

Padahal mesin-mesin pesawat Jepang merupakan buatan tahun 1930-an dan para teknisi TKR pun bekerja denggan cara mengakali saat merakitnya. 

Ketika pesawat Cureng harus diterbangkan dengan risiko pesawat bisa jatuh saat berada di udara, ternyata dibutuhkan pilot nekat yang bagaimana pun harus siap mati. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas