Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Megawati: Saya Rindu Perdebatan Argumentatif Pemimpin Bangsa

Megawati menceritakan, sempat terjadi perdebatan yang penuh martabat, saling menghormati, sekaligus rasional dan penuh belarasa.

Megawati: Saya Rindu Perdebatan Argumentatif Pemimpin Bangsa
Amriyono Prakoso/Tribunnews.com
Megawati 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski sudah lewat 57 tahun yang lalu, Presiden ke 5 RI, Megawati Soekarnoputri tetap teringat saat dirinya didapuk menjadi delegasi termuda saat Gerakan Nonblok pertama yang diadakan di Beogard, Serbia.

Dia sempat mengatakan masih sangat terekam dalam ingatannya peristiwa penting itu terjadi yang juga membentuk karakternya dalam berpolitik.

Megawati menceritakan, sempat terjadi perdebatan yang penuh martabat, saling menghormati, sekaligus rasional dan penuh belarasa.

"Saya rindu perdebatan argumentatif para pemimpin bangsa antara tokoh-tokoh pelopor Gerakan Nonblok," jelasnya saat berpidato dalam acara dukungan Pidato Bung Karno di Sidang Umum PBB dan Arsip Gerakan Nonblok pertama sebagai Memory Of The World di Gedung LIPI, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Dia menyampaikan apa yang terjadi kala itu, Bung Karno sempat menegaskan Politik Nonblok adalah pembaktian secara aktif kepada perjuangan luhur untuk kemerdekaan, perdamaian yang kekal, keadilan sosial dan kebebasan untuk merdeka.

Lobi diplomatik yang dilakukan oleh Soekarno dan Nehru ketika itu, menghasilkan tidak ada penggunaan senjata nuklir antara Amerika dan Rusia saat Perang Dingin terjadi.

"Saatnya kita harus menengok dan mau belajar dari sejarah. Jelas bukan hanya Indonesia, tetapi juga dunia. Sejarah bukan sekedar untuk dikenang, bukan membuat lita hidup dalam nostalgia. Sejarah adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih baik dan beradab," tukas Megawati.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas