Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Hasto: PDIP Sulit Berkoalisi dengan Demokrat

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, partainya sulit berkoalisi dengan Demokrat pada Pilpres 2019.

Hasto: PDIP Sulit Berkoalisi dengan Demokrat
Vincentius Jyestha
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, partainya sulit berkoalisi dengan Demokrat pada Pilpres 2019.

Hal itu, kata Hasto, terlihat dari konfigurasi politik antara PDI-P dan Demokrat di Pilkada 2018 yang dianggap banyak perbedaan.
Padahal, kata Hasto, kerja sama di Pilkada 2018 akan sejalan dengan pembentukan koalisi di Pilpres 2019.

"Kalau kami lihat tentu saja dalam pemilukada serentak ini kami juga melihat ada berbagai perbedaan-perbedaan itu di Jawa Timur, kemudian di Sumatera Utara. Nah, tentu saja pilkada ini senafas dengan pileg dan pilpres," ucap Hasto saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

"Ketika di dalam Pilkada juga ada perbedaan-perbedaan yang tajam, tentu saja ini juga kurang kondusif untuk membangun kerja sama ke depan," lanjut Hasto.

Hal itu, ditambah pula dengan pidato Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat Agus Harimuri Yudhoyono terhadap jalannya pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Hasto, pidato Agus yang mengkritisi berbagai kebijakan Jokowi tidak objektif karena tidak didasari konteks yang sesuai.

Ia mengatakan, saat ini Jokowi tengah berupaya membenahi sistem pemerintahan dan perekonomian ke arah yang lebih baik meski harus berhadapan dengan kondisi perekonomian global yang sedang sulit.

Namun, Hasto mengatakan, kinerja Jokowi tersebut tetap layak diapresiasi. Hal itu terlihat dari suksesnya pembangunan infrastruktur berbagai kebijakan yang mengarah pada transparansi tata kelola pemerintahan.

"Ya, di dalam menyampaikan sebuah sikap politik itu kan juga harus berdasarkan nilai-nilai fundamental kita sebagai bangsa. Sehingga ketika kita menilai pemerintahan Pak Jokowi juga dibutuhkan kriteria objektif bagaimana Pak Jokowi menjalankan perintah konstitusi itu," ujar Hasto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasto Nilai PDI-P Sulit Berkoalisi dengan Demokrat pada Pilpres 2019"

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas