Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

SBY Prediksi Arah Koalisi Partai di Pilpres 2019 Ditentukan Siapa Cawapres Jokowi atau Prabowo

Prediksi itu disampaikan SBY apabila Joko Widodo dan Prabowo Subianto masing-masing mencalonkan diri sebagai calon presiden di Pilpres 2019

SBY Prediksi Arah Koalisi Partai di Pilpres 2019 Ditentukan Siapa Cawapres Jokowi atau Prabowo
Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid
SBY membuka acara Gerakan Pasar Murah Demokrat di DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono memprediksi kontestasi politik di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 ditentukan oleh siapa calon wakil presidennya.

Prediksi itu disampaikan SBY apabila Joko Widodo dan Prabowo Subianto masing-masing mencalonkan diri sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Baca: TGB ke Luhut: Apa yang Salah Dukung Jokowi?

Dia membaca peta politik itu karena menganggap dirinya sebagai 'veteran capres'. Sebab, dia sudah dua kali maju sebagai calon presiden di Pilpres 2004 dan 2009.

"Dan ini saya sebagai seorang veteran capres, dua kali menjadi capres. Memang yang akan mengubah keadaan nanti ketika Jokowi dan Prabowo mengumumkan siapa cawapresnya. Itu akan menjadi game changer," ujar SBY saat ditemui di kediamannya di kawasan Kuningan, Selasa (10/7/2018).

Presiden keenam Republik Indonesia itu menilai politik akan sangat dinamis sampai 10 Agustus mendatang, di mana batas waktu terakhir pendaftaran pasangan capres-cawapres.

"Dan politik bisa dan akan sangat dinamis bahkan mungkin tanggal 9-10 Agustus itu puncaknya. Apalagin kalau baik Jokowi dan Prabowo mengumumkan cawapresnya. Itu saat-saat akhir bisa dibayangkan beliau baru mengumumkan tanggal 9 Agustus begitu berarti kan tinggal 24 jam kali dua," kata dia.

Baca: Partai Demokrat Akan Beri Sanksi pada TGB

Lantas bagaimana dengan arah koalisi Partai Demokrat? Dia menjelaskan, Partai Demokrat sudah memetakan arah dukungan politik. Selain itu, pihaknya juga sudah memikirkan beberapa opsi.

"Pada tanggal 9-10 Agustus, Insya Allah Demokrat akan bisa menetapkan pilihannya. Yang kami pandang paling tepat," tambahnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas