Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kunjungan ke Palembang, Presiden Jokowi Jajal LRT Pertama di Indonesia

dalam jangka panjang, Presiden menuturkan hadirnya LRT juga bisa memberikan pilihan alternatif transportasi bagi masyarakat.

Kunjungan ke Palembang, Presiden Jokowi Jajal LRT Pertama di Indonesia
Alex Suban/Alex Suban
Rangkaian kereta Light Rail Transit atau LRT Jakarta disiapkan di jalur LRT di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (11/7/2018). LRT fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun sepanjang 5,8 kilometer ditargetkan selesai menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan, Presiden Joko Widodo menjajal kereta ringan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia pada Jumat, 13 Juli 2018.

Hal ini terkait dengan semakin dekatnya perhelatan ajang olahraga Asian Games ke-18 yang akan digelar di Palembang dan Jakarta.

"Yang pertama perlu saya sampaikan ini adalah kereta ringan LRT pertama di Indonesia yang telah kita mulai jalankan. Pertama memang dalam rangka Asian Games 2018," kata Presiden di Stasiun Jakabaring Sport City.

Selain itu, dalam jangka panjang, Presiden menuturkan hadirnya LRT juga bisa memberikan pilihan alternatif transportasi bagi masyarakat.

"Dan yang paling penting membangun suatu peradaban baru, budaya baru, baik budaya menggunakan transportasi massal yang aman dan nyaman, budaya tepat waktu, budaya antre yang ini akan terbangun setelah kereta ringan LRT Palembang berjalan," lanjutnya.

Di Palembang sendiri ada 4 rute LRT yang direncanakan dan disiapkan. Presiden pun berharap agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh untuk kota besar lainnya di Indonesia.

"Saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh kota besar di Indonesia yang saya kira mulai padat dan macet dan membutuhkan transportasi massal. Dan ini akan lebih efisien dibanding dengan mobil pribadi," ucap Kepala Negara.

Rencananya pemerintah akan membangun LRT di kota besar lainnya, yaitu Surabaya, Bandung, dan Medan. Presiden menuturkan tiga kota tersebut kini sedang dalam perencanaan matang dan sebentar lagi akan dimulai.

LRT Palembang sendiri memiliki konstruksi sepanjang 22,3 km. Di sepanjang jalur terdapat 13 stasiun untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Hingga saat ini baru 4 dari 13 stasiun yang bisa dioperasikan, yaitu Jakabaring, Pasar Cinde, Bumi Sriwijaya, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Pada kesempatan ini, Presiden naik dari Stasiun Bumi Sriwijaya sekitar pukul 14.24 WIB dan tiba di Stasiun Jakabaring Sport City pada pukul 14.40 WIB.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas