Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina Operasikan 10 Terminal BBM Hasilkan Bahan Bakar Campuran Biodisel

PT Pertamina (Persero) telah melakukan pencampuran minyak nabati atau FAME (Fatty Acid Methyl Eter) dengan BBM di 10 terminal BBM (TBBM).

Pertamina Operasikan 10 Terminal BBM Hasilkan Bahan Bakar Campuran Biodisel
Tribunnews
logo pertamina 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
- Aturan mengenai biodisel 20 persen atau B20 sudah diterapkan mulai 1 September 2018 lalu.

Untuk menerapkan B20, PT Pertamina (Persero) telah melakukan pencampuran minyak nabati atau FAME (Fatty Acid Methyl Eter) dengan BBM di 10 terminal BBM (TBBM).

Satu diantaranya adalah Terminal BBM Tanjung Uban, di Bintan.

Direktur Logisitk Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo, menyebutkan TBBM Tanjung Uban merupakan terminal utama yang  menyerap FAME sekitar 8.700 KL per-bulan.

Kemudian BBM campuran nabati atau Biosolar B20 dari TBBM Tanjung Tuban didistribusikan ke TBBM Kijang, Kabil-Batam, dan Natuna.

“Terminal BBM Utama ini tidak hanya menyalurkan B20 ke TBBM tetapi juga melayani kebutuhan B20 untuk SPBU, SPBB (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker), dan konsumen industri setempat,” kata Gandhi Sriwidodo melalui keterangan resminya, Minggu (16/9/2018).

Baca: KPK Minta Dirut Pertamina Hadiri Pemeriksaan untuk Kepentingan Penyidikan

Adapun kesembilan TBBM lainnya yakni Surabaya, Tanjung Wangi, Manggis, Kupang, Pontianak, Makassar, Bau-Bau, Bitung dan  Wayame Ambon.

Sementara itu Pertamina telah menggunakan FAME sebagai bahan campuran solar pada kisaran 159.988 kiloliter (KL) atau sekitar 39 persen dari alokasi bulanan.  Jumlah tersebut terdiri dari FAME  untuk PSO sebesar 116.422  KL dan FAME untuk NPSO 43.566  KL.

Gandhi menambahkan Pertamina juga telah terus menambah terminal-terminal BBM yang akan menyalurkan B20  ke SPBU Pertamina yang ditargetkan mencapai 112 Terminal BBM Pertamina.

“Pada awal September lalu baru 60 TBBM kami yang siap menyalurkan B20, dan alhamdulillah hingga 14 September kemarin, sudah ada tambahan 9 TBBM lagi sehingga menjadi 69 TBBM yang menyalurkan B20," kata Gandhi.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas