Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Rizieq Shihab Dipolisikan

Rizieq Shihab Diperiksa oleh Arab Saudi, Polri Sebut Itu Domain Kemenlu

Polri mengaku bahwa itu bukan domain dari Korps Bhayangkara, melainkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Rizieq Shihab Diperiksa oleh Arab Saudi, Polri Sebut Itu Domain Kemenlu
Kapitra Amper via Serambi Indonesia
Rizieq Shihab bersama aparat keamanan Arab Saudi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan  Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disebut diperiksa dan dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah.

Menanggapi hal itu, Polri mengaku bahwa itu bukan domain dari Korps Bhayangkara, melainkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Kemenlu.

"Itu domainnya Kemenlu, kami masih menunggu juga konfirmasi dari Kemenlu, jadi Kemenlu tentunya sudah mengambil langkah-langkah konkretlah," ujar Dedi, Rabu (7/11/2018). 

Ia menegaskan Kemenlu adalah pihak yang paling berkompeten untuk melakukan tindakan terkait warga negara Indonesia yang melakukan perbuatan pidana atau apapun di suatu negara atau negara lain.

Oleh karena itu, jenderal bintang satu itu e menegaskan Polri tidak akan terlibat dalam masalah ini. Meski demikian, kata dia, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Kemenlu. 

"Yang meng-assesment sebenarnya Kemenlu tentunya akan ikut berkoordinasi dengan pihak sana. Polri tidak bergerak," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri membenarkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sempat dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah.

Baca: Yusril: Saya Bukan Pengacara Presiden

Saat dikonfirmasi, Kementerian Luar Negeri RI merilis keterangan bahwa, setelah mendapatkan aduan pada 5 November 2018 lalu, terkait penahanan seorang WNI a.n. Muhammad Rizieq Shihab (MRS), Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Jeddah melakukan penelusuran. 

"Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi bahwa MRS  sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Makkah," demikian seperti yang tertulis di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Rilis tersebut menungkapkan, Rizieq Shihab diperiksa atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Makkah.

"Menindaklanjuti konfirmasi ini Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada MRS sebagaimana yang diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri," lanjut keterangan itu.

Lebih lanjut dikatakan, Rizieq Shihab telah diizinkan kembali pulang ke kediamannya sejak tadi malam.

"Tentunya  hukum dan aturan setempat harus dihormati. Informasi terakhir yang diterima MRS telah dizinkan oleh otoritas keamanan Saudi untuk kembali kerumahnya di Makkah pada sekitar 20:00 tadi malam," tutup keterangan tersebut.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#Rizieq Shihab Dipolisikan

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas