Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jokowi Minta Sistem Peringatan Dini Dievaluasi

Jokowi juga meminta kesiapan manajemen kebencanaan harus betul-betul dikoordinasikan dengan baik serta bersinergi dengan lembaga lain.

Jokowi Minta Sistem Peringatan Dini Dievaluasi
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Dalam pengantar rapat terbatas (ratas) dengan para menteri dan lembaga terkait, Senin (14/1/2019) siang dengan topik : Peningkatan Kesiagaan Menghadapi Bencana, Presiden Jokowi menyoroti sistem peringatan dini bencana.

"Sistem peringatan dini agar dievaluasi di cek ke lapangan. Kemudian pengujian dan pengorganisasian sistem peringatan dini harus betul-betul berada di posisi ‎yang baik sehingga korban yang ada bisa kita hilangkan dan minimalkan," tutur Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selanjutnya, Jokowi juga meminta kesiapan manajemen kebencanaan harus betul-betul dikoordinasikan dengan baik serta bersinergi dengan lembaga lain.

"Sinergi antar lembaga yang terlibat dalam bencana harus betul-betul‎ dijaga dan direspon cepat, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, relawan, TNI, Ormas. Simulasi penanganan bencana juga perlu dilakukan secara rutin," tambahnya.

Baca: KPK: Data Pelaporan LHKPN Turun Sebanyak 78 Persen

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat meminta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membeli alat yang dapat mendeteksi secara dini adanya ancaman bencana tsunami.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengaku sudah mengajukan pengadaan alat-alat pendeteksi bencana.

Dia mengungkapkan Presiden Jokowi sudah mengetahui pengadaan yang diajukan pihaknya. Hingga saat ini BMKG masih menunggu realisasi dari pemerintah.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas