Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Sisca Dewi Ajukan Banding Setelah Divonis Tiga Tahun Penjara dan Denda Rp 500 Juta

Hakim pun menimpali Sisca dengan mengatakan jika memang putusannya dirasa tidak adil, maka Sisca berhak menyampaikannya

Sisca Dewi Ajukan Banding Setelah Divonis Tiga Tahun Penjara dan Denda Rp 500 Juta
Gita Irawan
Penyanyi dangdut Sisca Dewi berdiskusi dengan dua pengacaranya sebelum menjalani sidang vonis dalam kasus dugaan pencemaran nama baik dan pemerasan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (14/1/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi dangdut Sisca Dewi mengajukan banding setelah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksanya menjatuhkan vonis tiga tahun penjara, dan denda Rp 500 juta subsidair tiga bulan kurungan.

"Pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan atas putusan yang tidak adil dan saya akan mengajukan banding," kata Sisca kepada Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksanya, Riyadi Sunindyo Florentinus pada Senin (14/1/2019).

Hakim pun menimpali Sisca dengan mengatakan jika memang putusannya dirasa tidak adil, maka Sisca berhak menyampaikannya dalam upaya bandingnya nanti.

"Hak saudara adalah berpikir tujuh hari, menerima putusan ini, dan mengajukan upaya banding. Adil atau tidak adil silakan saudara ungkapkan jika saudara melakukan upaya banding. Karena pemeriksaan sudah ditutup dan putusan sudah diucapkan," balas Riyadi.

Baca: Ivan Gunawan Beri Reaksi Ini Saat Ditantang Nikah 2019, Ayu Ting Ting Sewot: Dih Gak Senang Lu?

Sisca pun kemudian mengulangi pernyataan keinginan bandingnya.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum menyatakan untuk pikir-pikir selama tujuh hari.

"Terimakasih Yang Mulia. Atas upaya hukum dari terdakwa kami menyatakan pikir-pikir, Yang Mulia, kata Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Riyadi Sunindyo Florentinus menjatuhkan hukuman pudana tiga tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsidair tiga bulan penjara kepada penyanyi dangdut Sisca Dewi.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Sisca Dewi oleh karena itu dengan pidana selama tahun. Menjatuhkan pidana denda kepada terdakwa sebesar Rp 500 juta. Dan jika pidana denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama tiga bulan," kata Riyadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (14/1/2019).

Sisca dipidana pasal 45 ayat 4 jo pasal 27 ayat 4 UU nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

"Mengadili. Menyatakan terdakwa Sisca Dewi Hermawati terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan mentrasmisikan, membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan dokumen elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan pengancaman yang dipandang sebagai perbuatan berlanjut," kata Riyadi menjelaskan isi pasal tersebut.

Vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntutnya dihukum lima tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan pada Kamis (13/12/2018).

Sebelumnya, Sisca menjalani sidang perdana atas tuduhan pencemaran nama baik karena mengaku sudah dinikahi oleh pria berinisial BS.

Namun BS menyangkalnya dan menuduh Sisca telah berupaya mencemarkan nama baik dan memerasnya. Sisca kemudian ditahan oleh pihak kepolisian sejak 11 Agustus 2018.

Sisca yang mengenakan kerudung dan blus putih masuk ke ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sekira pukul 14.00 WIB. Sidang dilaksanakan terbuka untuk umum. Separuh lebih kursi pengunjung ruang sidang dipenuhi pengunjung.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas