Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Polisi Diminta Mengusut Tuntas Kasus Kurir Pembawa Uang Rp 90 M yang Ditangkap di Bandara

Diketahui, Kepolisian menangkap sejumlah kurir yang diketahui membawa dana asing senilai Rp 90 miliar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Polisi Diminta Mengusut Tuntas Kasus Kurir Pembawa Uang Rp 90 M yang Ditangkap di Bandara
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Skay Khadafi mencurigai uang hasil tangkapan Polri dari luar negeri akan digunakan untuk Pilpres. 

Terutama dengan target membuat gaduh dan menggiring masyarakat agar memilih pasangan yang terafiliasi dengan kelompok tertentu.

"Saya mencurigai itu. Uang tersebut, kalau tak berhasil dibongkar oleh Polri akan digunakan untuk Pilpres maupun setelah Pilpres," kata Uchok dalam keterangannya, Senin (15/4/2019), seperti yang dikutip Kontan.

Diketahui, Kepolisian menangkap sejumlah kurir yang diketahui membawa dana asing senilai Rp 90 miliar di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, para kurir bernama Yunanto, Edy Gunawan, Gofur, Giono, Kevin dan Yudi itu ditangkap pukul 21.00 WIB.

"Iya benar ada penangkapan," ujar Argo Yuwono, ketika dikonfirmasi, Sabtu (13/4/2019) lalu.

Meski demikian, Argo Yuwono enggan mengungkap lebih lanjut terkait penangkapan tersebut. Argo Yuwono hanya menegaskan semua kurir tengah menjalani penyelidikan dan diamankan di Polda Metro Jaya.

Polri, kata Uchok, harus transparan dalam mengungkap kasus ini. Bila perlu tangkap siapa saja yang terlibat dan umumkan ke publik.

"Mereka harus bisa menjelaskan, uang itu untuk apa digunakan, dan siapa-siapa saja yang terlibat," kata Uchok.

Diketahui, para kurir tersebut membawa masing-masing dana dari uang asing. Yunanto dan Edi Gunawan diketahui membawa Rp 42,050 miliar, Gofur (Singapura) Rp 17,4 miliar, Giono (Hongkong) Rp 12 miliar. Kemudian, Kevin dan Yudi (Bangkok) Rp 18 miliar.

Adapun total keseluruhan seluruh uang tersebut yakni sekitar kurang lebih Rp 90 miliar. Uang itu terdiri dari beberapa jenis mata uang asing. Di antaranya 10 juta Yen, 90 juta Won, 45 ribu Real, 100 ribu dollar Selandia Baru, dan 3.677.000 dollar Singapura. 

Berita ini sudah tayang di Kontan dengan judul: Polri diminta untuk usut tuntas kasus kurir pembawa uang Rp 90 miliar

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas